0

Yuk, Berkunjung ke Museum Wayang

Gedung Museum Wayang dahulu merupakan lokasi gereja tua yang didirikan VOC pada tahun 1640 dngan nama ‘de oude Hollandsche Kerk’ sebagai tempat ibadah pendudk sipil dan tentara Belanda yang tinggal di Batavia. Diantara sembilan prasasti yang terdapat di dalam Museum Wayang bertuliskan Jan Pieterzoon Coon. Prasasti-prasasti tersebut memang menampilkan nama para pejabat Belanda yang pernah dimakamkan di halaman gereja tersebut.

jelajahsejarah-Berkunjung ke Museum Wayang-1
Pada masa penjajahan Jepang gereja ini tidak terawat hingga tahun 1957 dserahkan kepada Lembaga Kebudayaan Indonesia (LKI) dan berubah nama menjadi Museum Jakarta Lama. Kemudian di tahun 1961 berubah menjadi Museum Jakarta dan sempat dijadikan kantor Dinas Museum dan Sejarah DKI Jarta pada tahun 1968.

jelajahsejarah-Berkunjung ke Museum Wayang-3
Pada masa kepemimpinan Gubernur H. Ali Sadikin gedung ini dijdikan Museum Wayang pada tahun 1974. Lebih dari 5000 koleksi wayang dan perlengkapannya dari seluruh penjuru tanah air menghiasi tempat ini. Kamu juga dapat melihat beragam topeng bersejarah bisa dikaji disini. Museum wayang berada di Jalan Pintu Besar Utara No. 27, Jakarta. Museum wayang menggambarkan betapa kayanya bangsa Indonesia yang dapat terlihat dari koleksi wayang yang sangat beragam.

Dibaca 876 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>