0

Sunan Kalijaga: Menyebarkan Islam Di Jawa Dengan Damai

Anda pasti tidak asing lagi dengan nama Sunan Kalijaga, dia adalah salah satu tokoh yang sangat berpengaruh dalam penyebaran Islam di masa lalu khususnya di pulau Jawa. Sunan Kalijaga dilahirkan sebagai anak seorang bangsawan dari Tuban. Akan tetapi dia sangat tidak menyukai dunia yang penuh dengan kemewahan maka dari itu dia lebih suka untuk berkelana. Setelah dia mengenal Islam dengan dalam maka dia mempunyai tekat untuk menyebarkan agama Islam di Jawa. Setelah menjalani banyak perjalanan hidup maka Sunan Kalijaga menjadi seorang wali. Ada keterkaitan yang erat antara sunan kalijaga, Islam, wali songo dan budaya yang ada di Jawa sekarang ini. Sebagai seorang wali maka dia juga sangat aktif untuk menyebarkan agama di pulau Jawa.

Ada banyak keterkaitan antara sunan kalijaga dan Islam yang membuat Islam mudah untuk menyebar di pulau Jawa. Dalam sejarah memang mencatat bahwa Jawa adalah salah satu pusat kebudayaan dunia. Banyak sekali peninggalan sejarah dan budaya yang juga menjadi bukti penyiaran agama Islam oleh Sunan Kalijaga. Salah satu budaya yang terlihat sekarang ini adalah Wayang. Kesenian yang menjadi budaya Jawa ini adalah salah satu alat yang digunakan Sunan Kalijaga untuk menyebarkan agama Islam di pulau Jawa. Pada masa tersebut masyarakat Jawa sangat sulit untuk menerima Islam maka dari itu sang Sunan membuat sebuah cara yang unik yaitu menggabungkan antara penyiaran agama dan kesenian. Saat itu kesenian yang dipilih adalah wayang kulit.

sunan kalijaga, sejarah islam di jawa

Wayang kulit menjadi pilihan karena pada saat itu kesenian ini adalah kesenian yang paling digemari masyarakat pulau Jawa. Sunan mulai memasukkan unsur Islam ke dalam kesenian wayang tersebut. Dengan masuknya nilai Islam dalam wayang membuat masyarakat semakin tertarik untuk mempelajari Islam. Dengan penuh perjuangan maka akhirnya sedikit demi sedikit ada orang yang masuk Islam. Sunan kalijaga memang mengajarkan agar proses penyebaran Islam harus dilakukan dengan damai dan tanpa menyakiti orang lain.

Setelah Islam menyebar di pulau Jawa maka Sunan Kalijaga juga selalu menjaga kebudayaan yang ada di pulau Jawa agar tidak hilang. Dengan cara yang unik tersebut maka Sunan Kalijaga sukses menyebarkan Islam di Jawa tanpa kekerasan dan malah menjaga kebudayaan asli pulau Jawa. Sunan kalijaga memberikan pelajaran yang besar untuk semua orang bahwa untuk menyebarkan Islam memang tidak harus dengan menghapus kebudayaan yang ada.

Dibaca 7622 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>