0

Sejarah Tugu Selamat Datang di Jakarta

Ketika Kamu berkunjung ke Kota Jakarta dan melewati jantung kota seperti kawasan Jalan Sudirman dan Thamrin pasti Kamu akan melihat tugu yang tinggi menjulang di dekat Hotel Indonesia. Tugu ini bernama Tugu Selamat Datang. Pembangunan Tugu Selamat Datang tahun 1961 yang digagas oleh Presiden Soekarno yang dirancang oleh Henk Ngantung (saat itu menjabat Wakil Gubernur Jakarta).

jelajahsejarah-Sejarah Tugu Selamat Datang di Jakarta-2

Tinggi patung yang berada diatas tugu ini sekitar 10 meter terbuat dari perunggu. Tim pelaksana pembuatan patung ini terdiri dari para pematung Keluarga Arca pimpinan Edhi Sunarso di Karangwuni. Pembuatan patung ini memakan waktu 2 tahun dan diresmikan pada tahun 1962 oleh Sukarno.

jelajahsejarah-Sejarah Tugu Selamat Datang di Jakarta-3

Pada tahun 2002, Bundaran Hotel Indonesia direstorasi oleh PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama dengan menambahkan air mancur baru, desain kolam baru, dan juga tata lampu.

Dibaca 2822 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>