0

Sejarah Sungai Ciliwung

Sungai Ciliwung ialah sungai yang sering kita dengar saat banjir menerpa Kota Jakarta. Meskipun saat ini banyak sekali sampah yang bisa kita lihat di sepanjang Sungai Ciliwung ini, Dahulu kala Sungai Ciliwung ini merupakan sumber kehidupan utama masyarakat. Mulai dari keperluan rumah tangga sehari-hari hingga digunakan untuk jalur aktivitas perdagangan internasional.

jelajahsejarah-Sejarah Sungai Ciliwung-2

Konon, Sungai Ciliwung telah ada sejak zaman purba ketika zaman manusia prasejarah hingga pada abad ke-15 dan 16 dibangunlah Pelabuhan Sunda Kelapa oleh Pemerintah Belanda sebagai muara Sungai Ciliwung. Sungai Ciliwung kala itu sangat terkenal di seluruh Nusantara dan internasional sebagai sungai yang indah, berair jernih dan bersih yang mengalir di tengah kota. Saking jernihnya banyak kapten kapal yang menyempatkan singgah untuk mengambil air segar untuk diisi kedalam botol dan guci persediaan air minum mereka.

jelajahsejarah-Sejarah Sungai Ciliwung-4

Kalau melihat keadaan Sungai Ciliwung sekarang mingkin kita tidak akan percaya bahwa Jean Baptiste Tavenier pernah mengatakan “Ciliwung memiliki air paling bersih dan paling baik di dunia”. Batavia saat itu mendapat julukan “Ratu dari Timur” yang menggoda banyak orang asing datang bahkan menuai pujian menyamakan Batavia dengan negara-negara di Eropa.

jelajahsejarah-Sejarah Sungai Ciliwung-1

Sungai Ciliwung membelah Batavia menjadi dua bagian yang besarnya hampir sama. Masing-masing bagian dipotong lagi oleh parit-parit yang saling sejajar dan saling simpang. Seperi inilah desain awal yang dibuat Belanda dan dipercaya mampu melawan amukan air di dalam kota saat laut pasang karena air akan saling berpencar ke segala penjuru (kota pada zaman itu adalah kawasan Kota Tua Jakarta).

Dibaca 1626 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>