0

Sejarah Pengiriman Tenaga Kerja Indonesia

TKI atau Tenaga Kerja Indonesia adalah mereka para pekerja asal Indonesia yang ingin bekerja di luar negeri demi mencukupi kebuthan hidup mereka. Para TKI biasanya dikirim ke Malaysia, Hongkong, atau Arab Saudi. Kita tidak bisa pungkiri bahwa sebagian TKI terpaksa harus tertimpa kasus tragis saat sedang menjalani profesinya tersebut. Bahkan ada TKI yang sampai dihukum mati oleh negara tetangga karena dituduh melakukan kejahatan.

Awal mula tenaga kerja Indonesia

Ternyata pengiriman TKI sudah mulai ada sejak tahun 1890-an lho, saat itu negara kita masih jauh dari kemerdekaan. Pemerintah Hindia Belanda mengirim buruh kontrak ke Suriname dan Amerika Selatan. Suriname pada masa itu adalah negara jajahan Belanda yang mengalami kekurangan tenaga kerja karena para budak asal Afrika yang bekerja di perkebunan Surinametelah dibebaskan pada tahun 1863 sebagai bentuk pelaksanaan dari politik penghapusan perbudakan. Tepat 9 Agustus 1890 ada 95 TKI yang dikirim ke Suriname (Merdeka[dot]com).

Sejak saat itu pemerintah Hindia Belanda mulai rutin mengirim TKI ke Suriname hingga berakhir pada 1939 dengan jumlah total 32.986 jiwa. Pengiriman Tenaga Kerja Indonesia berlanjut lagi saat Indonesia sudah merdeka namun tidak lagi dikirim ke Suriname tapi ke Malaysia dan Arab Saudi.

Sejarah Pengiriman Tenaga Kerja Indonesia-2

Malaysia dan Arab SaudiĀ  memiliki alasan tersendiri memilih Indonesia sebagai penyalur tenaga kerja. Alasannya, Malaysia secara geografis dekat dengan Indonesia dan sejak dulu sudah ada perlintasan di batas antara kedua negara. Pengiriman tenaga kerja asal Indonesia terus berlanjut karena memang Indonesia dengan Malaysia memiliki hubungan kekerabatan dan tradisional. Sedangkan dengan Arab Saudi, Indonesia memiliki hubungan religius terkait ibadah haji.

Pemerintah Indonesia melihat sisi positif melalui pengiriman TKI ini dan membuat peraturan yang ditetapkan pada tahun 1980-an. Setelah itu makin banyak warga negara Indonesia yang bekerja sebagai TKI di negeri orang. Sayangnya, kasus-kasus kekerasan serta kejahatan yang dialami TKI semakin bertambah ya sampai saat ini.

Semoga pemerintah Indonesia dapat lebih tegas demi terciptanya kerukunan antar negara dan para Tenaga Kerja Indonesia mendapat kenyamanan saat mencari rezeki di luar negeri.

Baca juga:

Sejarah jamu di Indonesia

Dibaca 1038 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>