0

Sejarah Letusan Gunung Kelud dari Masa ke Masa

Gunung Kelud yang berada di wilayah Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, dan Blitar pada tanggal 13 Februari lalu kembali terbangun dari tidurnya dengan erupsi yang menyisakan abu vulkanik ke banyak daerah di Pulau Jawa. Gunung Kelud adalah gunung api bertipe srtato dengan ketinggian 1.731 mdpl.

Letusan Gunung Kelud dari masa ke masa

Sejarah Letusan Gunung Kelud dari Masa ke Masa

Letusan Gunung Kelud tercatat mulai terjadi sejak tahun 1000 (terdapat dalam buku Data Dasar Gunung Api Indonesia). Ciri letusannya setidaknya diketahui sejak 1901. Pada 1926 dibangunlah terowongan pembuangan air oleh penjajah Belanda. Terowongan pembuangan air ini dibuat untuk mengurangi volume air pada danau kawah Gunung Kelud.

Terowongan tersebut dibangun setelah terjadi letusan pada 1919 yang menewaskan tak kurang dari 5.160 jiwa. Pada tahun 1966 terowongan ini sempat tertutup material vulkanik akibat letusan pada tahun 1951.

Letusan Gunung Kelud tahun 1919 bukanlah letusan yang paling besar karena pada tahun 1586 tercatat letusan Gunung Kelud menewaskan lebih dari 10.000 jiwa. Sampai saat ini terowongan pengalir air dari danau Gunung kelud masih berfungsi, hanya saja pada 1966 pemerintah Indonesia membangun terowongan baru yang jaraknya 45 meter dari terowongan lama. Terowongan baru ini selesai pada tahun 1967 dan diberi nama Terowongan Ampera. Akibat letusan 1990 yang berlangsung selama 45 hari membuat Terowongan Ampera sempat tersumbat dan proses revitalisasinya baru selesai pada tahun 1994.

Sejarah Letusan Gunung Kelud dari Masa ke Masa

Tahun 2007 Gunung Kelud kembali meletus sekaligus menyurutkan danau kawah hingga menyisakan genangan air yang nyaris kering. Letusan tahun 2007 ini tidak memperlihatkan letusan hebat seperti ciri gunung ini meletus di tahun-tahun sebelumnya akibat ada keretakan di jalur lava yang membuat daya dorong letusan meremes keluar, daya letus pun berkurang.

Tahun 2014 Gunung Kelud kembali meletus dengan dorongan abu vulkanik yang luar biasa hingga memberi dampak ke banyak daerah di Pulau Jawa. Semoga keadaan di Gunung Kelud cepat pulih kembali.

Itulah sejarah panjang letusan Gunung Kelud dari masa ke masa, konon Gunung Kelud juga pernah mengahancurkan kerajaan Majapahit lho.

Dibaca 815 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>