0

Sejarah Konferensi Asia Afrika (KAA) Di Indonesia

Konferensi Asia Afrika

Konferensi Asia Afrika adalah konferensi yang di gawangi oleh 29 negara Asia dan Afrika dan pertama kali diselenggarakan oleh Presiden pertama kita yaitu Ir. Soekarno pada tanggal 18 April 1955.

Awalnya Konferensi Asia Afrika ini hanyalah sebuah ide konyol dan tidak mudah untuk diwujudkan menurut pandangan Negara Barat. Tapi setelah terealisasi, ternyata hal ini malah menjadi kekuatan baru yang cukup ditakuti oleh Uni Soviet dan Amerika Serikat.

Indonesia menggagaskan serta mendiskusikan ide untuk menyatukan negara-negara Asia dan Afrika dalam Konferensi Kolombo yang dihadiri oleh Indonesia, India, Srilanka, Pakistan dan Birma. Dari konferensi tersebut maka disetujuilah Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Asia Afrika.

KAA ini diselenggarakan di Gedung Merdeka, Bandung , Jawa Barat. Dan kemarin tanggal 18 April 2015, Gedung Merdeka masih berdiri kokoh menyambut kedatangan para pemimpin negara yang datang untuk memperingati 60 tahun KAA dan masih memiliki semangat yang utuh untuk bekerja sama menciptakan kemajuan dan perdamaian dunia.

Berikut adalah cuplikan video Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955 yang di pimpin oleh Ir. Soekarno di hadapan seluruh pemimpin negara anggota KAA tersebut :

Dibaca 481 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>