0

Sejarah Kawasan Kemayoran

Dahulu Kemayoran merupakan tanah milik Belanda East India Company (VOC) Komandan, Isaac de I’Ostal de Saint-Martin (ca 1.629-1.696). hingga akhir abad ke-17, Isaac memiliki beberapa area tanah yang sangat luas di Pulau Jawa, salah satunya ialah Kemayoran. Nama Kemayoran berasal dari kata Mayoran karena memang Isaac de I’Ostal de Saint-Martin adalah seorang Mayor dan dahulu banyak Mayor yang tinggal di kawasan Kemayoran ini.

jelajahsejarah-Sejarah Kawasan Kemayoran-1

Awalnya penduduk Kemayoran terdiri dari etnis asli dan campuan beberapa kelompok etnis dari kerajaan Padjajaran. Setelah diduduki Belanda ada beberapa imigran dariCina, India, dan Sumatera yang mendiami kawasan ini. sampai awal abad 20 kawasan Kemayoran masih didominasi oleh rawa dan sawah dengan pemukiman kecil. Pada masa kolonial Belanda, secara administratif diatur oleh Weekmeester dibawah kepemimpinan Defender. Setelah Indonesia merdeka, Kemayoran menjadi beberapa wilayah dari Sawah Besar Kecamatan. Lalu tahun 1963 sampai 1968 menjadi bagian dari Kecamatan Senen. Tahun 1968 sampai sekarang menjadi Kecamatan Kotamadya Jakarta Pusat.

jelajahsejarah-Sejarah Kawasan Kemayoran-2

Kini ada sebuah bekas Bandara yang telah diubah menjadi kawasan JI EXPO yang tiap tahunnya diadakan acara tahunan yaitu Pekan Raya Jakarta. Ternyata Bandara Kemayoran ini dulu diresmikan pada tahun 1935. Namun Bandara tersebut resmi ditutup pada tahun 1986.

Dibaca 1133 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>