0

Sejarah Jalan Jenderal Sudirman

Semua warga Jakarta pasti tahu banget dengan jalan ini dan semuanya juga pasti pernah melintasi jalan protokol ini. yup, Jalan Sudirman yang seolah tak pernah sepi dari lalu lalang yang melintas diatasnya. Setiap hari kerja Jalan Sudirman dikenal dengan kesibukan dan kemacetannya. Hingga minggu pagi Jalan Sudirman menjadi arena olahraga seperti jalan santai, lari, sampai bersepeda.

Tapi tahukah Anda tentang sejarah dibalik Jalan Jenderal Sudirman? Ternyata Jalan Sudirman telah menjadi jalan penting sejak zaman kolonial Belanda. Jalan ini sering dipakai untuk parade setiap tanggal 31 Agustus dan berubah menjadi tanggal 17 Agustus setelah kemerdekaan jatuh ke tangan Indonesia. Sejak dahulu jalan ini memang sengaja dibuat besar hampir sama seperti saat ini.

Sejarah Jalan Jenderal Sudirman

Nama Jalan Jenderal Sudirman diberikan setelah Indonesia merdeka oleh Presiden Soekarno. Belum ada sumber yang jelas namanya sebelum menjadi Jalan Sudirman. Letak Jalan Jenderal Sudirman tidak jauh dari Tugu Selamat Datang, Bundaran Hotel Indonesia atau Jalan M.H Thamrin. Terdapat patung Jenderal Sudirman di jalan ini tepatnya di kawasan Duku Atas. Patung Jenderal Sudirman ini memiliki tinggi 12 meter yang dibaungun pada September 2001 dan diresmikan pada Agustus 2003.

Sejarah Jalan Jenderal Sudirman

Sejarah Jalan Jenderal Sudirman

Begitulah sejarah Jalan Jenderal Sudirman, nama seorang panglima besar yang diabadikan pada sebuah jala penting di jantung ibukota Jakarta.

Dibaca 3329 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>