0

Sejarah Indorock, Musik Rocknya Indonesia

Musik rock klasik pasti tak lepas dari deretan nama besar dari Inggris atau Amerika Serikat seperti diantaranya The Beatles, Jimi Hendrix, dan Elvis Presley. Padahal jauh sebelum muncul musisi rock dunia tersebut, Indonesia juga turut andil dalam sejarah mencetak band rock yang sangat luar biasa pada 1950-an.

Mereka adalah The Tielman Brothers, sekelompok musisi anak muda asal Maluku yang besar di Surabaya. Mereka kaka beradik dari pasangan Herman Tielman dan Flora Lorine Hess. Mereka mengusung aliran musik yang unik dan sering disebut Indorock yaitu Rock dari Indonesia. Genre Indorock sudah mulai diperkenalkan The Tielman Brothers sejak tahun 1945. Prsonil The Tielman Brothers terdiri dari Andy (vokal, gitar), Reggie (guitar rhytm, vokal), Phonton (bass, vokal), dan Loulou (drum, vokal). Perjalanan karier musik mereka berjalan mulus dan medapat dukungan sepenuhnya dari orang tua mereka, bahkan turut bermain dan menjadi manajer. Awalnya band ini bernama The Timor Rhytm Brothers berubah menjadi The Four Tielman Brothers kemudian menjadi The Tielman Brothers.

jelajahsejarah-Sejarah Indorock-Musik Rocknya Indonesia-1

Tahun 1956, The Tielman Brothers hirah ke negeri kincir angin tepatnya ke Kota Breda, Belanda. Penampilan mereka mampu memukau penikmat musik Belanda dan Eropa dengan aksi panggung yang unik dan atraktif. Mereka tak hanya memainkan musik tetapi juga beraktraksi liar bermin sambil berlompat dan bergulingan.

Permainan gitar Indorock sangat kentaldengan musik keroncong Portugis dipadu dengan musik Hawaii, Country, dan Rock n’ Roll. Teknik gitar yang dilakukan oleh Jimi Hendrix ternyata 11 tahun sebelumnya telah menjadi ciri khas Andy Tielman. Bahkan teknik liar seperti memetik gitar menggunakan gigi dan kaki telah dimainkan sebelum Jimi Hendrix terkenal.

jelajahsejarah-Sejarah Indorock-Musik Rocknya Indonesia-3

Tak hanya itu, Paul McCartney yang notabene pemain bass sekaligus vokalis The Beatles diam-diam mengagumi dan mengaku terinspirasi dengan The Tielman Brothers. Bahkan Paul McCartney pertama kali melihat bas berbentuk Violin Hofner ialah saat melihat The Tielmans tampil. The Tielmans Brother kala itu mampu menginspirasi band-band sejenis seperti The Room Rockers (1957), The Hurricane Rollers (1959), The Hot Jumpers (1958), The Bell Boys/The Black Dynamites, The Rhytm Stars, dan masih banyak lagi. Jika kita melihat Wikipedia maka tercatat 42 band yang memainkan genre Indorock.

jelajahsejarah-Sejarah Indorock-Musik Rocknya Indonesia-2

Indorock terus tumbuh dan ada lagu Indorockc instrumental yang terkenal yaitu ‘Met Mr. Callaghan’ dipopulerkan oleh Les Paul & Mary Ford. Hingga legenda produsen gitar Fender sengaja membuatkan dan merancang secara khusus Fender Jazz Master 10 senar untuk Andi Tielmans.

jelajahsejarah-Sejarah Indorock-Musik Rocknya Indonesia-4

Sejarah panjang ini sepertinya belum cukup mengangkat kembali sejarah musik Indorock ala The Tielmans Brothers karena publik rock dunia pun lebih mengenal The Beatles, Rolling Stones, Jimi Hendrix, Chuck Berry dan Elvis Presley. Tapi sejarah Indorock yang dipelopori The Tielmans Brothers tetaplah menjadi bagian dari sejarah budaya Indonesia.

Dibaca 1221 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>