0

Sejarah Indonesia Kuno Sebagai Negara Paling Kaya

Indonesia memang telah lama dikenal sebagai negara yang memiliki sumber daya alam sangat kaya raya. bahkan sejak zaman dahulu. Tiap pulau di republik kita tercinta ini memiliki kekayaan alamnya masing-masing. Yuk, kita cari tahu sejarah Indonesia sebagai negara yang kaya sejak zaman kuno.

Pulau Sumatera

Sumatera yang dala bahasa Sansekerta bernama Suwarnadwipa atau Suwarnabhumi ini ada dalam naskah India sebelum Masehi. Sejak zaman Dinasti ke-18 Fira’aun di Mesir telah ada pelabuhan laut di pesisir Sumatera yang bernama Barus. Barus ialah asal tempat kapur barus yang digunakan masyarakat Mesir Kuno untuk mengawetkan mummy.

Sejarah Indonesia Kuno Sebagai Negara Paling Kaya

Selain Barus ada juga sebuah manuskrip Yahudi Purba menceritakan sumber emas untuk negara kota kerajaan Nabi Sulaiman yang diambil dari sebuah kerajaan purba di timur jauh yang dinamakan Ophir. Kemungkinan Ophir adalah Guung Talamau yang menjadi salah satu gunung tertinggi di Sumatera Barat. Di Gunung Talamau terdapat daerah Pasaman yang kabarnya adalah kawasan emas terbesar kala itu. Kerajaan Minangkabau yang berada diitengah sumber emas tersebut. Di Pulau Sumatera juga berdiri Kerajaan Srivijaya yang kemudian berkembang menjadi Kerajaan besar pertama di Nusantara yang memiliki pengaruh hingga ke Thailand dan Kamboja di utara, hingga Maluku di timur.

Hingga kini Sumatera memiliki berbagai sumber bahan tambang seperti batu bara, emas, dan timah hitam dan masih banyak yang belum ditemukan. Itulah tadi kekayaan yang luar biasa dari Pulau Sumatera, masih ada beberapa pulau besar di Indonesia yang memiliki kekayaan alam sejak zaman kuno, tapi akan saya bahas di artikel Sejarah Indonesia Kuno Sebagai Negara Paling Kaya bagian selanjutnya.

Page 1, 2, 3, 4

Dibaca 966 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>