0

Sejarah Indonesia Kuno Negara Kaya di Dunia (Bagian 4)

Sampai di Sejarah Indonesia Kuno Negara Kaya di Dunia (Bagian 4), kali ini ada Pulau Sulawesi yang dalam sejarah Indonesia kuno disebut Pulau besi. Pulau ini telah dihuni manusia sejak 30.000 ribu tahun lalu yang ditandai banyaknya peninggalan purba di Sulawesi. Nama Sulawesi berasal dari kata Sula yang memiliki makna pulau.

Pulau Sulawesi disebut Pulau Besi

Sejak dahulu Pulau Sulawesi disebut Pulau Besi karena memang dikenal sebagai penghsil besi dan nikel.dahulu di Sulawesi berdiri sebuah Kerajaan  Luwu yang merupakan kerajaan tertua di Sulawesi. Wilayah Luwu merupakan penghasil besi. Bessi Luwu atau senjata Luwu (keris atau kawali) sangat terkenal akan keampuhannya, bukan saja di Sulawesi tetapi juga di luar Sulawesi. Dalam sejarah Majapahit, wilayah Luwu merupakan pembayar upeti kerajaan, selain dikenal sebagai pemasok utama besi ke Majapahit, Maluku dan lain-lain. Menurut catatan yang ada, sejak abad XIV Luwu telah dikenal sebagai tempat peleburan besi.

Di pulau Sulawesi juga pernah berdiri Kerajaan Gowa Tallo yang berkuasa sampai ke bagian Australia. Saat perdagangan rempah-rempah berkembang pesat pada abad 15 sampai 19, Sulawesi menjadi gerbang kepulauan Maluku. Masyarakat Sulawesi atau Bugis dikenal dengan kemampuan berlarnya dengan perahu Pinisi bahkan sampai ke Madagaskar, Afrika. Saat yang sama Vasco da Gama baru memulai penjelajahan pertamanya pada tahun 1497 dalam upaya mencari rempah-rempah, dan menemukan benua-benua baru di timur, yang sebelumnya dirintis Marco Polo.

Kekayaan Pulau Sulawesi sampai saat ini

Sampai saat ini Sulawesi sangat kaya akan bahan tambang meliputi besi, tembaga, emas, perak, nikel, titanium, mangan semen, pasir besi/hitam, belerang, kaolin dan bahan galian C seperti pasir, batu, krikil dan trass. Jika saja dikelola dengan baik demi kemakmuran rakyat maka menjadi kayalah seluruh orang Sulawesi.

Itulah kekayaan alam Pulau Sulawesi yang wajib kita tahu sejak zaman sejarah Indonesia kuno sampai saat ini. Semoga sejarah Indonesia yang saya bagi ini mampu menumbuhkan rasa cinta tanah air untuk kita semua.

Dibaca 1301 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>