0

Sejarah Indonesia Kuno Negara Kaya di Dunia (Bagian 3)

Setelah membahas Pulau Jawa dalam sejarah Indonesia kuno sebagai negara paling kaya, kini ada Kalimantan yang dikenal pada zaman Indonesia kuno sebagai lumbung energi. Pulau ketiga terbesar di dunia ini juga masuk dalam berita-berita Cina zaman dulu dengan istilah Chin Li Pi Shih sedangkan dalam naskah Jawa Kuno disebut Nusa Kencana. Seperti apa terkenalnya kekayaan alam Kalimantan? Yuk, kita cari tahu sejarah Indonesia berikut ini.

Pulau Kalimantan disebut lumbung energi

Pulau Kalimantan pada zaman kolonial Inggris dan Belanda dikenal dengan nama Borneo ini dahulu menjadi pulau yang paling diburu pedagang asing karena hasil kekayaan alam berupa kamper, lilin, dan sarang burung waletnya lalu dibarter dengan guci keramik bernilai sangat tinggi dalam masyarakat Dayak. Termasuk para pedagang asal India dan Melayu untuk mencari lahan bercocok tanam dan berhasil menemukan tambang emas dan intan di Pulau Kalimantan ini.

Dahulu ada sebuah kerajaan yang berdiri di Kalimantan yaitu Kerajaan Kutai atau yang kala itu disebut oleh berita-berita India dengan nama Quetaire dan Cina menyebutnya Kho Tey yang artinya kerjaan besar. Peradaban Kerajaan Kutai juga menjadi awal zaman sejarah di Indonesia.

Kekayaan alam di Kalimantan masih dimanfaatkan sampai saat ini

Sampai saat ini Pulau Kalimantan menjadi salah satu lumbung sumber daya alam di Indonesia yang dimanfaatkan sebagai sumber energi seperti minyak, gas, geothermal, dan batu bara. Tidak sampai disitu, Hutan Kalimantan mengandung gambut yang bisa digunakan sebagai sumber energi untuk pembangkit listrik maupun pemanas pengganti batu bara. Banyak daerah di Kalimantan juga mengndung cadangan uranium untuk pembangkt listrik tenaga nuklir lho. Potensi bio energi dari CPO sawit juga terdapat di Pulau Kalimantan ini.

Itulah kekayaan alam Pulau Kalimantan yang wajib kita tahu sejak zaman sejarah Indonesia kuno sampai saat ini. Semoga sejarah Indonesia yang saya bagi ini mampu menumbuhkan rasa cinta tanah air untuk kita semua.

Dibaca 881 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>