0

Sejarah Gedung Kesenian Jakarta

Gedung Kesenian Jakarta merupakan bangunan tua yang bersejarah. Gedung ini telah berdiri sejak pemerintahan Belanda yang hingga kini masih terawat dengan baik. Gedung Kesenian Jakarta menjadi wadah seluruh seniman di negeri ini mempertunjukkan karyanya. Gedung Kesenian Jakarta terletak di Jalan Gedung Kesenian No.1, Jakarta Pusat.

jelajahsejarah-Sejarah Gedung Kesenian Jakarta-1

Gedung yang bergaya neo-renaisance ini dibangun oleh Jenderal Daendels pada Tahun 1821 yang kemudian direalisasikan oleh Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814. Tak hanya kegiatan seni saja, tetapi pada 29 Agustus 1945 gedung ini pernah digunakan untuk Kongres Pemoeda, Presiden Soekarno meresmikan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP). Pada tahun 1951 gedung ini digunakan oleh Universitas Indonesia Fakultas Ekonomi dan Hukum. Sekitar tahun 1957-1961 Gedung Kesenian Jakarta dipakai sebagai Akademi Teater Nasional Indonesia (ATNI).

jelajahsejarah-Sejarah Gedung Kesenian Jakarta-1

Tahun 1968 GKJ pernah menjadi bioskop “Diana” dan bioskop “City Theater” satu tahun berikutnya. Hingga pada tahun 1984 Pemda DKI mengembalikan fungsi gedung sebagai gedung kesenian. Gedung Kesenian Jakarta direnovasi pada tahun 1987 dengan nama Gedung Kesenian Jakarta yang dikenal juga dengan Gedung Pasar Baru dan Gedung Komidi.

Dibaca 1219 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>