0

Sejarah Becak Yang Menjadi Alat Transportasi Tradisional

Sejarah Becak

Sejarah Becak di Indonesia sepertinya belum banyak diketahui oleh sebagian orang. Becak sendiri merupakan bahasa Hokkian yaitu Be Chia yang berarti kereta kuda. Becak adalah sebuah alat transportasi beroda tiga yang mudah ditemui di beberapa kota d Indonesia maupun di Negara di Asia. Biasanya becak ini dapat mengangkut 2 rang penumpang dan di ayuh oleh satu orang pengemudi di belakangnya.

Sejarah Becak yang melegenda hingga sekarang menjadi alat transportasi tradisional yang masih digunakan karena becak ini menjadi alat transportasi yang ramah lingkungan. Ada 2 jenis becak yang dapat kita temui di Indonesia :

Becak dengan pengemudi berada di belakang, becak seperti ini kebanyakan terdapat di pulau Jawa.

Becak dengan pengemudi berada di samping, kalau becak jenis ini kebayakan dapat kita temui di wilayah Sumatra. Becak yang satu ini juga dibagi lagi menjadi 2 kategori, yaitu yang dikayuh dan juga yang menggunakan sepeda motor untuk mengoperasikannya.

Sayangnya Sejarah Becak di Jakarta tidak berlangsung lama, karena Ibukota kita ini adalah satu-satunya kota yang paling melarang keberadaan becak di dalamnya. Dan memang sudah secara legal sejak tahun 1980an menghapuskan becak di Jakarta.

Pelarangan ini karena becak dianggap suatu eksploitasi manusia yang satu pada manusia yang lainnya. Pengganti becak di Jakarta adalah bajaj, kancil dan juga ojeg.

Sejarah Becak

Dibaca 3472 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>