0

Pantai Kuta, Antara Wisata Bali Terbaik Dengan Saksi Sejarah

Anda tentu pernah mendengar pulau yang satu ini. Pulau Seribu Dewa, pulau Bali. Pulau Dewata Bali terkenal di seluruh dunia akan keindahan pantainya, terutama pantai Kuta. Pantai yang terletak di kabupaten Badung, Bali Selatan ini sangat terkenal sebagai salah satu ikon wisata Bali terbaik. Namun siapa sangka, pantai Kuta ternyata merupakan saksi bisu sejarah kerajaan Majapahit di Indonesia.

Bermula dari keinginan Kerajaan Majapahit untuk memperluas wilayahnya, patih terkenal Majapahit, Gadjah mada, memimpin perjalanan invasi ke Bali dengan menggunakan banyak perahu. Gadjah Mada lalu memilih melabuhkan puluhan kapalnya di laut selatan Bali yang banyak memiliki onggokan batu karang. Langkah Gadjah Mada ini diikuti oleh puluhan pedagang yang hendak berbisnis di Bali. Maka jadilah bagian selatan Bali ini menjadi pusat perdagangan besar. Pusat perdagangan besar akan mengundang masuknya berbagai investor asing ke Bali.

Untuk melindungi pusat perdagangan dan memperbesar pengaruh Majapahit di wisata Bali terbaik, Patih Gadjah Mada membangun pelabuhan besar membentang utara selatan, dari Jawa sampai Bali. Pelabuhan selatan di Jawa diberi nama Tuban, sedangkan  pelabuhan utara diberi nama Canggu. Diantara kedua pelabuhan dagang ini terdapat tempat yang masih banyak memiliki hutan rimba. Tempat ini kemudian diberi nama ‘Kuta’ yang berarti benteng. Setelah jaman kekuasaan Kerajaan Majapahit di Bali berakhir, Kuta sempat di beri nama Kuta Mimba yang berarti hutan oleh Kerajaan Mengwi. Namun setelah direbut oleh Kerajaan Badung, kata Mimba dihilangkan dan perkembangan Kuta pun dimulai.

Pada abad ke – 19, seorang pedagang besar asal Denmark datang ke Kuta dan mendirikan markas bisnis di Kuta. Pedagang bernama Mads Lange ini kemudian menulis buku berjudul “Praise to Kuta”. Dengan insting bisnis yang kuat, melalui buku ini Mads Lange mengajak masyarakat dan pemimpin kekuasaan untuk mempersiapkan Kuta menjadi sebuah tempat pariwisata baru yang akan menarik ribuan wisatawan datang ke Bali. Insting Mads Lange rupanya tepat. Seperti yang dapat anda lihat sekarang ini, Kuta dengan pantai indahnya telah menjadi tujuan wisata Bali terbaik dan terkenal.

Pantai Kuta , Antara Wisata Bali Terbaik Dengan Saksi Sejarah

Daerah Kuta terutama bagian pantainya telah berkembang pesat dan moderen mengikuti perkembangan jaman dan kebutuhan wisatawan baik asing maupun lokal. Suatu hal yang semakin menguatkan posisi Kuta sebagai tempat wisata terbaik yang ada di Bali. Namun selayaknya seorang tetua, dengan arif dan dalam diam, Kuta yang kita kenal terus mengamati perkembangan bangsa Indonesia dari dahulu sampai sekarang.

Dibaca 609 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>