0

Nasi Jinggo: Makanan Sejarah Asal Bali

Pernahkah Anda pergi ke Bali, lebih tepatnya wisata kuliner Bali? Makanan khas apa saja yang Anda temukan di sana? Bali memang dikenal memiliki beberapa makanan khas, tetapi makanan yang paling dikenal sangat khas di sana adalah nasi Jinggo. Jika Anda seorang pecinta kuliner pastinya Anda tahu nasi Jinggo ini. Jika di Yogyakarta Anda mengenal yang namanya nasi Kucing, maka nasi Jinggo merupakan nasi kucing versi Bali.

Sama halnya dengan nasi Kucing, nasi Jinggo merupakan nasi yang dibungkus dengan sehelai daun pisang dan berporsi mini, nasi Jinggo biasanya dijual dengan harga sekitar Rp3000. Dilihat dari isi dan harga keduanya, kedua makanan ini tidak jauh berbeda.

makanan bali, nasi jinggo, wisata kuliner bali

Wisata kuliner Bali yang sangat khas ini ternyata memiliki sejarah dalam penamaannya. Meskipun masih samar-samar, konon nama ‘Jinggo’ itu berasal dari bahasa China yang artinya Rp1.500, ini sesuai dengan harga nasi Jinggo pada awal pemasarannya, yakni dijual dengan harga Rp1.500. Kemudian versi lain dari cerita juga menyebutkan bahwa asal nama ‘nasi Jinggo’ itu berawal bahwa dulu nasi ini merupakan nasi yang dijual di pinggir jalan dan menjadi incaran para Jinggo, yakni sekelompok pengendara sepeda motor malam hari yang mencari makan seusai menikmati malam di kawasan Kuta, karena yang menguasai makanan ini adalah orang-orang jagoan, maka jadilah nasi ini dinamai nasi Jinggo.

Nah, terlepas dari sejarahnya, sudahkah Anda pernah mencicipi wisata kuliner khas Bali ini? Makanan khas Bali yang satu ini banyak ditemukan di Bali, entah itu dijual di angkringan, dijajakan penduduk setempat, di warung makanan, bahkan disebut-sebut hotel POP Haris, hotel gaul yang terletak di bilangan Teuku Umar ini juga menyajikan nasi Jinggo sebagai salah satu menu sajiannya. Nasi Jinggo yang sangat terkenal di Bali yaitu nasi Jinggo Bu Sarmi. Warung makannya terletak di Jl. Setia budi di sekitar Denpasar. Jika Anda bertandang ke Bali, sempatkan datang untuk mencicipi makanan khas dari pulau dewata ini.

makanan bali, nasi jinggo, wisata kuliner bali

Jadi, sudahkah tertarik untuk wisata kuliner Bali? Masih banyak kuliner Bali lainnya yang tentunya memiliki sejarahnya masing-masing. Sangat unik dan menyenangkan jika Anda datang ke sana tidak hanya untuk menikmati makanannya saja, tetapi juga tertarik untuk menelusuri sejarahnya. Selamat berwisata!

Dibaca 1724 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>