0

Museum Fatahillah, Gedung Tua di Jakarta Yang Menjadi Icon Kota Tua

Museum Fatahillah adalah salah satu saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia dalam rangka merebut kemerdekaan negeri ini. Museum Fatahillah juga dikenal dengan nama Museum Batavia atau Museum Sejarah Jakarta. Tetapi kebanyakan orang, lebih mengenal gedung tua di jakarta ini dengan nama Museum Fatahillah, mungkin karena museum ini berada di Jl. Taman Fatahillah No. 2, Jakarta Barat. Gedung tua di Jakarta ini memiliki luas bangunan sekitar 1.300 meter persegi.

Museum Fatahillah adalah gedung tua di jakarta yang paling besar yang ada di Kota Tua Jakarta yang pada zaman dahulu adalah sebuah Gedung Balaikota (dalam bahasa Belanda : Stadhuis). Bangunan bersejarah ini dibangun atas instruksi dari Gubernur Jenderal Joanvan Hoon pada tahun 1707 dan baru terselesaikan di tahun 1712.

Bangunan ini mirip sekali dengan Istana Dam di Amsterdam, yang komposisinya terdiri dari bangunan utama bersayap di timur dan barat serta bangunan samping yang difungsikan sebagai ruang pengadilan, kantor, dan ruang bawah tanah yang digunakan sebagai penjara bawah tanah. Kemudian pasca kemerdekaan, gedung ini diresmikan sebagai Museum Sejarah Jakarta oleh Gubernur Jakarta, Bapak Ali Sadikin pada tanggal 30 Maret 1974.

gedung tua di jakarta

Arsitektur salah satu gedung tua di jakarta ini memiliki gaya barok klasik dari abad ke-17, mempunyai 3 lantai yang seluruh kusen pintu dan jendelanya terbuat dari kayu jati yang warnanya hijau tua. Pada atap utama bangunan bersejarah ini terdapat kompas mata angin. Serta di halaman depan terdapat sebuah kolam dan pekarangan konblok. Di sini Anda dapat melihat secara langsung Pedang Keadilan yang ketika itu digunakan untuk mengeksekusi tawanan perang. Ada pula Si Jagur, meriam Portugis yang terkenal ketika itu digunakan Belanda dalam peperangan merebut Malaka pada tahun 1641.

Di gedung bersejarah ini Anda dapat mempelajari jejak sejarah kota Jakarta sejak masa pra sejarah sampai kota Jayakarta berdiri di tahun 1527. Anda juga bisa mengurai rangkaian sejarah bangsa ini dalam memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia di tahun 1945. Museum Fatahillah adalah salah satu gedung tua di Jakarta yang menyimpan banyak kisah dan makna dari lahirnya bangsa Indonesia.

Dibaca 1394 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>