0

Moto GP Rossi: Sejarah Karier Valentino Rossi

Pria ini lahir pada tanggal 16 Februari 1979 di Urbino, Italia. Keaktifannya dalam dunia olahraga, tepatnya dunia Moto GP, dimulai pada tahun 2000 hingga sekarang. Pria yang berada satu tim dengan merk motor terkenal, Yamaha, ini telah berhasil menjuarai berbagai macam kejuaraan Moto GP kelas dunia. Ia adalah Valentino Rossi, seorang pembalap di kejuaraan grandpix motor dunia setelah era Michael Doohan.

Valentino Rossi telah berhasil meraih titel sebagai seorang juara dunia di empat kelas yang berbeda dalam waktu tujuh tahun berkariernya. Rossi merupakan pembalap pertama dalam klasemen terbanyak memenangkan perlombaan dalam sejarah 500cc atau MotoGP.

Sejarah Perjalanan Valentino Rossi 

Darah balap memang mengalir deras dalam tubuh Rossi, sang ayah Graziano Rossi merupakan pembalap GP 250 cc era tahun 70-an.  Rossi sendiri mengawali kariernya di tahun 1996 untuk Aprillia di kelas 125 cc dan berhasil meraih juara dunia di tahun 1997 ia juga berhasil naik ke kelas 250 cc masih dengan tim lamanya Aprillia dan meraih juara dunia di tahun 1999.

Moto GP Rossi: Sejarah Karier Valentino Rossi

Pada tahun 2001 ia bergabung dengan tim Pabrikan asal Jepang dan menjadi juara dunia kelas 500 cc, 2 tahun berikutnya ia meraih kembali juara dunia. Setelah itu Rossi pindah ke Yamaha di tahun 2004 dan selama musim 2004 juga 2005 ia meraih juara dunia berturut-turut. Meski mengalami pasang surut dalam masa berkariernya di Moto GP Rossi tetap berusaha menunjukann kemampuannya, di tahun 2008 ia kembali merebut gelar juara dunianya dan diulangi di tahun 2009.

Rossi juga memiliki nama-nama julukan unik yang diberikan padanya seperti Rossifumi berawal dari kekagumannya pada pembalap Jepang Norifumi Abe atau Norick Abe, julukan lainnya adalah Valentinik diambil dari nama tokoh kartun Daffy duck dalam versi Itali bernama Paperinik nama ini disematkan ketika ia berkarier di kelas 250 cc. Julukan lain yang paling dikenal adalah The Doctor yang ia dapatkan saat naik ke kelas 500 cc.

Dibaca 946 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>