0

Mengenang Sejarah Bandara Halim

Bandara Halim Perdanakusuma adalah pangkalan bandara TNI Angkatan Udara di Jakarta Timur. Bandara Halim ini memiliki sejarah panjang terkait penamaannya yang tadinya bernama Pangkalan Udara Cilitan. Bagi Anda yang penasaran, penulis akan menceritakan sejarah singkat tentang penggantian nama pangkalan udara dari nama Pangkalan Udara Cilitan menjadi pangkalan udara Bandara Halim Perdanakusuma.

Waktu Indonesia masih dalam masa perang mempertahankan kemerdekaan, dua orang tokoh TNI Angkatan Udara Indonesia ditugaskan untuk mengendarai pesawat tempur yang baru saja dibeli oleh Indonesia. Kedua tokoh TNI AU ini bernama Halim Perdanakusuma dan Opsir Iswahyudi. Pesawat baru itu berlokasi di Thailand. Dari Thailand, mereka mengendarai pesawat baru itu menuju Indonesia. Sayangnya, mereka mengalami kecelakaan. Pesawat terjatuh di kawasan pantai selat Malaka. Sosok mayat mereka ditemukan di sekitar sana.

Mengenang Sejarah Bandara Halim

Malangnya lagi, jenazah Halim Perdanakusuma sulit sekali diidentifikasi oleh tim medis. Jenazah Opsir Iswahyudi belum ditemukan sama sekali. Sebagai balas jasa, mereka dikenang sebagai pahlawan nasional Indonesia. Nama Halim Perdanakusuma dijadikan sebagai nama Bandara Pangkalan TNI AU Jakarta Timur yang sebelumnya bernama Cilitan. Bandara Halim Perdanakusuma pun resmi sebagai nama baru dari bandara pangkalan udara Cilitan. Sementara itu, nama Opsir Iswahyudi digunakan sebagai nama Pangkalan TNI AU di Madiun.

Jasa Halim Perdanakusuma dikenang sebagai nama bandara pangkalan udara di Jakarta Timur. Bandara Halim Perdanakusuma yang sangat terkenal itu menjadi kenang-kenangan sepanjang masa itu mengenang jasanya Halim Perdanakusuma. Beliau sudah sangat berjasa karena berusaha untuk mengambil pesawat tempur baru yang masih ada di Thailand. Halim Perdanakusuma sempat mempelajari seluk beluk pesawat tempur baru itu selama 5 hari sesampainya di Thailand. Sayangnya, nasib baik tidak lagi memihak dirinya. Dia harus jatuh bersama pesawat tempur baru itu di lautan lepas.

Mengenang Sejarah Bandara Halim

Mengabadikan nama beliau sebagai nama Bandara Halim Perdanakusuma adalah keputusan yang baik. Sebagai sebuah bandara tempat latihan para TNI AU di Jakarta Timur sana. Selain mengenang jasa-jasa Halim Perdanakusuma, nama Bandara Halim Perdanakusuma dapat menginspirasi para TNI AU yang dilatih atau bertugas di sana.

Dibaca 1208 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>