0

Menelusuri Sejarah Menara Syahbandar dan Toko Merah di Jakarta

Beberapa daerah di Jakarta banyak terdapat lokasi bersejarah yang masih terjaga sampai saat ini. Kawasan Kota Tua memiliki banyak bangunan bersejarah namun yang paling dikenal warga DKI Jakarta hanyalah Museum Fatahillah saja. Ternyata ada beberapa tempat bersejarah yang tersembunyi di kawasan Kota Tua ini yaitu Menara Syahbandar dan Toko Merah. Seperti apa sejarahnya kedua bangunan tersebut?

Menara Syahbandar

Menelusuri Sejarah Menara Syahbandar dan Toko Merah di Jakarta

Menara Syahbandar memiliki bentuk yang unik. menara ini dulunya digunakan pemerintah Belanda untuk memantau seluruh kapal yang melintasi kawasan ini. Dari atas Menara Syahbandar kita bisa melihat sebagian pemandangan kawasan dekat menara ini. Pada zaman kolonial Belanda, menara ini menjadi bangunan tertinggi di Batavia yang juga pernah menjadi titik nol kilometer kala itu. Menara Syahbandar berada di Jalan Pasar Ikan I, Penjaringan, Jakarta Utara. Menara Syahbandar telah ada sejak tahun  1839.

Toko Merah

Menelusuri Sejarah Menara Syahbandar dan Toko Merah di Jakarta

Bangunan bersejarah yang satu ini cukup unik karena memiliki warna yang seragam pada bagian luarnya yaitu berwarna merah. Rumah ini dahulu merupakan rumah dari Gubernur Jenderal VOC, Willem Baron Van Imhoff. Umur bangunan Toko Merah sudah ratusan tahun sejak zaman kolonial Belanda dan sempat menjadi toko milik pedagang Cina.

Toko Merah juga merupakan bangunan tertua di kawasan Kota Tua Jakarta tepatnya dibangun pada tahun 1730. Letaknya di Jalan Kali Besar Barat No. 107. Kini Toko Merah menjadi tempat konferensi dan pameran serta pertunjukan.

Yuk, kunjungi dua bangunan bersejarah ini.

Dibaca 783 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>