1

Legenda Dibalik Tanjung Lesung, Banten

Banten memang memiliki beberapa pantai menarik untuk dikunjungi diantaranya Pantai Anyer dan Pantai Carita. Ada satu lagi pantai cantik di Banten yang berma Pantai Tanjung Lesung. Rimbunnya pepohonan dan pasir putih yang menghiasi pantai ini mampu membuat Kamu merasa santai. Tapi bagaimana tentang sejarah dibalik Pantai Tanjung Lesung?

Yuk kita kupas sejarah Pantai Tanjung Lesung di Banten ini. Tanjung Lesung sebenarnya merupakan nama kampung di Pandeglang, Banten yang berasal dari terjadinya peristiwa jaman dahulu. Konon, di pesisir laut selatan Jawa ada seorang pengembara bernama Raden Budog yang tampan dan gagah. Raden Budog kemana-mana selalu ditemai oleh anjing dan kudanya. Suatu hari Ia bermimpi bertemu gadis yang sangat cantik sampai akhirnya Ia berusaha mencari gadis tersebut.

 Dalam pencariannya Ia beristirahat sejenak di suatu pantai, namun saat ingin melanjutkan perjalanan kuda dan anjingnya merasa kelelahan. Raden Burgo murka dan menganggap anjing dan kudanya tidak setia lalu Raden Budog mengutuknya. Kuda dan anjingnya menjadi batu karang, lalu Raden melanjutkan perjalanan dan tiba-tiba mendengar sara alunan merdu dari musik lesung. Ternyata pemimpin lesung tersebut adalah sang gadis idaman dalam mimpi Raden Budog. Nama gadis itu Sri Poh Haci tetapi ibunda Sri Poh Haci melaran hubungannya denga Raden Budog karena tdak memiliki asal usul yang jelas.

Raden Badog dan Sari Poh Haci akhirnya tetap menikah, Raden mempelajari lesung dan menggemari lesung sampai akhirnya lupa waktu dan mengabaikan nasihat para leluhur yang melarang bermain lesung pada hari jumat. Raden Budog pun berubah menjadi monyet, karena malu Sari Poh Haci diam-diam menghilang. Untuk mengenang kepiawaian Sari Poh Haci bermain lesung, para penduduk setempat menyebut kampung itu dengan Kampung Lesung. Kampung tersebut terletak berada di sebuah tanjung, kampung tersebut akhirnya diberi nama Tanjung Lesung.

Dibaca 4065 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

One comment to Legenda Dibalik Tanjung Lesung, Banten

  • arief  says:

    Hai gan salam kenal nih, izin share gan, artikelnya keren bagus, jarang bangat soalnya yang angkat tentang asal usul legenda Tanjung Lesung..

    Thanks ya Gan..
    Salam Indonesia ^_^

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>