0

Keindahan Sejarah Situ Rawa Badung di Cakung

Pada tahun 1950 ada sebuah situ yang memiliki luas sampai 5 hektar dengan kondisi air jernih tak ada sampah dan terdapat banyak ikan. Tahun 1991 pemerintah mulai membangun jalan Dr KRT Radjiman yang membagi Rawa Badung menjadi dua. Satu persatu perantau mulai datang kesini. Pada masa Orde Baru keberadaan situ tersebut mulai terkikis oleh bangunan liar. Bahkan sisi timur tesebut rata dengan tanah dan menjadi pemukiman warga.

jelajahsejarah-Keindahan Sejarah Situ Badung di Cakung-1

Keberadaan situ Rawa Badung sendiri berbatasan antara dua RW yaitu RW 08 dan RW 13. Untuk di RW 08 setidaknya ada 16 RT dengan jumlah KK kurang lebih 2.500 KK. Sementara untuk di RW 08 terdapat 9 RT yang dihuni kurang lebih 500 KK. Menurut Ketua RW 09, Suprapto, orang yang tinggal di sekitar lokasi situ merupakan perantauan atau pengontrak.

jelajahsejarah-Keindahan Sejarah Situ Badung di Cakung-2
Situ Rawa Badung semakin tahun kondisinya semakin bertambah kotor. Kini keindahan Situ Rawa Badung hanyalah sejarah yang menjadi kenangan manis.

Dibaca 822 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>