0

Inilah Rumah Panggung Tradisional Sumatera Barat: Rumah Gadang

Pasti kamu mengerti jika Indonesia memiliki banyak sekali rumah tradisional yang sangat unik, salah satunya adalah rumah adat dari provinsi Sumatera Barat. Rumah adat dari Sumatera Barat adalah Rumah Gadang.

Bentuk rumah ini begitu unik dan indah jika kamu lihat dengan seksama. Sekarang ini memang sangat sulit untuk bisa menemukan rumah ini di tempat asalnya, hal ini dikarenakan orang Sumatera Barat sekarang lebih menyukai rumah dengan desain yang modern.

Rumah Gadang adalah salah satu rumah panggung tradisional yang memiliki ukuran yang paling besar, hal ini dikarenakan pada zaman dahulu rumah ini dihuni oleh banyak orang maka ukuran rumah juga harus besar agar dapat menampung penghuni rumah tersebut.

Rumah panggung tradisional ini mempergunakan kayu sebagai bahan dasar pembuatannya. Akan tetapi kayu yang digunakan adalah kayu yang memiliki kualitas yang tinggi serta sudah sangat tua.

Bagi masyarakat Sumatera barat memang percaya kalau rumah akan awet jika mengunakan kayu yang sudah berumur tua. Rumah panggung ini juga mengunakan bahan alami untuk atap rumahnya yaitu masih mengunakan ijuk. Penggunaan ijuk juga bertujuan agar rumah tersebut semakin hangat dimalam hari.

rumah panggung tradisional

Pada zaman dahulu rumah panggung tradisional ini memang memiliki banyak fungsi, bentuk rumah memang sengaja dibuat tinggi agar penghuni rumah dapat terhindar dari serangan hewan buas dimalam hari seperti serangan ular ataupun harimau. Bawah dari rumah panggung tersebut biasanya digunakan untuk memasak dan menyimpan kayu bakar. Dengan adanya dapur di bawah rumah maka membuat rumah tersebut selalu hangat dan nyaman untuk penghuninya.

Rumah panggung tradisional ini setelah diteliti ternyata memiliki susunan rumah yang memang tahan akan gempa. Kamu pasti mengerti jika wilayah Sumatera Barat adalah daerah yang rawan akan bencana gempa bumi dan ini membuat para nenek moyang Sumatera barat berfikir untuk membuat rumah yang tahan akan gempa bumi.

Sekarang ini memang sudah terbukti jika rumah gadang memang dibuat mampu untuk menahan goncangan gempa bumi. Harusnya semua orang sadar jika rumah adat tradisional Indonesia memang dibuat sesuai dengan kondisi alam Indonesia.

Dibaca 891 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>