0

Ini Dia Sejarah Singkat Kemerdekaan Indonesia Tercinta

Kemerdekaan Indonesia

Tahun ini kita sudah merayakan HUT RI pada tanggal 17 Agustus 2015 Kemarin, genap sudah Kemerdekaan Indonesia di usianya yang ke-70 tahun. Tapi perayaan ini tidak akan bermakna kalau kita tidak tahu bagaimana cerita panjang dan kelam yang menjadi sejarah bangsa Indonesia meraih kemerdekaannya.

Cerita Kemerdekaan Indonesia berawal dari pecahnya Perang Asia Timur Raya, dan disitu juga Amerika Serikat menyatakan perang kepada Jepang karena serbuan tentara Jepang di pusat pertahanan Amerika Serikat yaitu di Peral Harbour pada tanggal 8 Desember 1941.

Lalu hubungannya dengan Kemerdekaan Indonesia apa? Jadi saat itu Jepang dengan agresif menyebarkan angkatan laut dan udaranya di wilayah Indocina, Malaya, Filipina dan Indonesia. Kemudian pemerintah Hindia Belanda juga ikut menyatakan perang terhadap Jepang yang otomatis Jepang akhirnya melakukan pendaratan di Indonesia untuk tujuan melumpuhkan Belanda.

Sejarah Konferensi Asia Afrika (KAA) Di Indonesia

Dimulai dari pendaratan pertamanya di Indonesia yaitu di Tarakan, sedikit demi sedikit akhirnya pasukan Jepang dapat menguasai Batavia. Akhirnya Belanda semakin terdesak dan menyatakan meyerah tanpa syarat.

Awalnya masyarakat Indonesia menyambut dengan ramah datangnya pasukan militer Jepang tersebut, terlihat dari sifat kooperatif kedua tokoh Kemerdekaan Indonesia kebanggaan kita yaitu Ir. Soekarno dan Moh Hatta. Sata itu, pemerintahan Jepang mulai aktif merangkul masyarakat Indonesia dengan mengadakan gerakan-gerakan organisasi masyarakat yang sebenarnya ada maksud dan niat yang tidak baik dalam pembentukan tersebut.

Kemerdekaan Indonesia

Selanjutnya berbagai badan negara di bentuk di Indonesia seperti BPUPKI hingga PPPKI dengan tujuan untuk memantau apa saja yang dibutuhkan dalam Kemerdekaan Indonesia yang sebelumnya di janjikan oleh Jepang kepada Indonesia untuk memberikan kemerdekaan di wilayah-wilayah bekas Hindia Belanda, tetapi hal ini belum terjadi hingga Jepang benar-benar kalah dari Amerika.

Sejarah Musik Dunia

Pasukan Jepang akhirnya mulai melemah setelah melalui berbagai kekalahan dari perangnya dengan Amerika Serikat, dan Amerika Serikat justru semakin kuat apalagi setelah penarikan pasukannya yang ada di Eropa. Jepang semakin melemah serta menyatakan menyerah tanpa syarat ketika Amerika Serikat mengamuk dengan melakukan pengeboman di Hiroshima dan Nagasaki yang akhirnya meluluh lantahkan pusat kota pemerintahan Jepang tersebut. Akhirnya pada tanggal 14 Agustus 1945 Jepang menyerah kepada sekutu dan berita ini tidak bisa disembunyikan.

Tentunya dengan keadaan seperti ini, Jepangpun menyerahkan kekuasaannya kepada sekutu, dan terjadi kekosongan kekuasaan di Indonesia. Kesempatan inipun tidak dilewatkan oleh bangsa Indonesia, akhirnya pada tanggal 17 Agustus 1945, KEMERDEKAAN INDONESIA diproklamasikan.

Kemerdekaan Indonesia

Sumber Gambar : kampoengbatikpalbatu.com, arifashkaf.wordpress.com, pohonbercabang.blogspot.com

Dibaca 664 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>