0

Hotel Indonesia: Hotel Bersejarah di Jakarta

Berbagai hotel didirikan di kota metropolitan ini. tetapi dari berbagai hotel di Jakarta, ada satu hotel yang bersejarah bagi Indonesia, Hotel Indonesia. Hotel Indonesia adalah hotel berbintang yang dibangun pertama kalinya di Indonesia. Hotel ini resmi dibuka pada tahun 1962. Saat itu, hotel tersebut dibangun untuk menyambut Asia Games keempat yang diadakan di Indonesia pada saat itu.

Hotel Indonesia adalah hotel di Jakarta yang dibangun di atas tanah yang berukuran 25.082 meter persegi. Untuk desain arsitektur hotel tersebut dirancang oleh pasangan arsitek asal Amerika Serikat, Abel Sorensel dan Wendy. Setelah hotel ini dibangun, hotel ini diberi slogan yang cukup unik bila didengar ditelinga, A Dramatic Symbol of Free Notions Working Together.

Anda juga tak perlu heran jika hotel ini masuk dalam salah satu cagar budaya yang sudah diresmikan olah pemerintah kota Jakarta karena memang hotel ini banyak mengambil peran dalam sejarah bangsa Indonesia. Itu terlihat dalam desain-deain hotel yang mempunyai unsur kebudayaan di dalamnya.

Nilai sejarah yang ada dalam Hotel Indonesia terlihat dalam setiap sudut ruangan dalam hotel tersebut. Di bagian luar hotel terdapat relief yang bernuansa jadul yang diberi judul “Gadis-Gadis Bhinneka Tunggal Ika”. Ada pula ruangan yang dulunya sering digunakan presiden Soekarno untuk mengadakan acara-acara negara.

Ruangan tersebut dinamakan Baliroom karena nuansa yang tercipta berhubungan dengan sejarah yang pernah ada. Selain itu, unsur-unsur seni juga membuat hotel di Jakarta yang terkenal ini menjadi lebih indah. Unsur seni tampak pada patung “Gadis Kerikan” yang berada di dekat kolam hotel tersebut. Unsur seni dan unsur budaya tersebut menjadikan hotel Indonesia layak mendapat disebut dengan hotel yang bersejarah di Jakarta karena panorama yang disuguhkannya benar-benar menggambarkan ciri khas dan histori bangsa Indonesia.

hotel di Jakarta

Kini, usia hotel ini sudah hampir setengah abad dan sudah mengalami beberapa kali renovasi. Tetapi, dalam hotel tersebut masih sangat kental dengan segala bentuk kenangan dari sejarah. Hotel ini sudah sudah beberapa kali berganti pengelola. Pengelola pertama hotel ini adalah PT. Natour, kemudian diambil alih oleh Kempinski Group sampai sekarang.

Sehingga, nama hotel tersebut disesuaikan dengan nama pengelolanya, yaitu Hotel Kempinski. Jika Anda bingung untuk memilih tempat singgah ketika Anda berkunjung di Jakarta, tak ada salahnya jika Anda memilih hotel Indonesia dari beberapa hotel di Jakarta. Selain kenyamanan yang akan Anda dapat, Anda juga bisa napak tilas sejarah bangsa Indonesia di hotel tersebut.

Dibaca 3619 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>