0

Enggrang, Salah Satu Permainan Tradisional Rakyat Indonesia

Permainan enggrang ini adalah permainan tradisional khas orang Indonesia. Tidak menggunakan tekhnologi canggih karena permainan ini sudah ada dari ratusan tahun lalu.

Permainan yang dibuat menggunakan batang bambu berukuran sedang kemudian dijadikan alas kaki sebagai pijakan dulu dianggap sebagai permainan yang sangat menantang.

Tidak semua orang bisa memakai enggrang. Maka itu, permainan enggrang butuh latihan sebelumnya. Lebih serunya lagi, dulu remaja sering bermain sepak bola sambil menggunakan enggrang. Permainan sepak bola jadi jauh lebih sulit karena harus menyeimbangkan enggrang saat menendang bola.

Peraturan Balap Lari Menggunakan Enggrang

Permainan enggrang selain dipakain untuk main sepak bola, biasanya juga dipakai untuk balap lari. Peraturan permainannya sederhana, 2-5 orang menjadi peserta di sebuah lapangan terbuka. Kemudian mereka berlari ke garis finish dan yang sampai duluan adalah pemenangnya. Nah, selama peserta berlari diperbolehkan mengetuk-ngetuk kaki enggrang musuhnya supaya terjatuh. Tapi dilarang mendorong dan mengenai tubuh lawan kita, hanya boleh mengetuk dan menyenggol enggrangnya saja.

permainan tradisional

Source Image: Fanpage The Pucuk harum

Nilai Budaya dalam Permainan Enggrang

Dalam sebuah permainan tradisional tentu ada nilai budaya atau budi pekerti di dalamnya. Pada permainan enggrang terkandung nilai budaya yang sangat banyak, antara lain: kerja keras, ketekunan, keseriusan, keuletan dan sportivitas untuk mencapai sebuah tujuan.

Pembuatan enggrang sendiri sudah menggambarkan keseriusan dan keuletan. Permainan enggrang yang berusaha dengan gigih menggambarkan kerja keras. Tidak berbuat curang dan mengukuti peraturan adalah cerminan dari sportivitas. Kalah atau menang diterima hasilnya bersama-sama.

Dibaca 3444 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>