0

Dark Tourism Di Makam Peninggalan Belanda, Museum Taman Prasasti

jelajahsejarah8

Jakarta adalah sebuah kota yang mengalami begitu banyak peristiwa sejarah negeri ini, tidak sedikit museum yang terdapat di Jakarta dengan sejarah dan keunikannya masing-masing. Salah satunya adalah Museum Taman Prasasti yang terletak di Jl. Tanah Abang No. 1, Jakarta.

Museum ini memang dikhususkan sebagai tempat penyimpanan berbagai macam prasasti dan batu nisan yang bernilai sejarah tinggi. Selain itu juga, kisah kematian para tokoh penting dari masa nya yang berbeda-beda juga tersimpan dalam Museum Taman Prasasti ini.

Dahulu kala, museum ini bernama Kebon Jahe Kober dan hanya sebuah makam biasa namun justru karena merupakan makam biasa itulah yang berarti sudah berumur sangat lama, suasana di makam ini bisa dibilang dark atau gelap, suasana ini terasa diseluruh areanya seluas 1,2 hektar. Karena ini lah, museum yang diresmikan oleh Gubernur DKI pada tahun 1977 ini memiliki keunikannya sendiri yaitu Dark Tourism.

Makam Kebon Jahe Kober ini sudah ada dari sejak zaman kolonial belanda dahulu, tepatnya pada tahun 1975. Pada saat itu konon katanya terjadi suatu wabah yang menyebabkan warga Negara Belanda yang tinggal di Batavia banyak yang meninggal.

jelajahsejarah

Dark Tourism itu sendiri adalah konsep wisata alternatif yang objek, atraksi dan pamerannya bernuansa kesuraman dan penderitaan, nuansa kematian dan nuansa duka.

Makam yang dianggap misterius di dalam kawasan Museum Tamam Prasasti ini salah satunya adalah Makam Kapitan Jas, menurut ceritanya dipercaya bahwa makam ini dapat memberikan keselamatan, kesuburan dan kemakmuran bagi peziarahnya.

jelajahsejarah2

jelajahsejarah4

jelajahsejarah5

jelajahsejarah7

jelajahsejarah3

Dibaca 467 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>