0

Cerita Rakyat: Kisah Timun Mas

Cerita rakyat

Dengan banyaknya film modern dan melibatkan kecanggihan teknologi di dalamnya, cukup membuat banyakmasyarakat merindukan cerita rakyat yang pernah menjadi hits pada zamannya. Cerita rakyat yang pada masa itu mudah untuk ditemukan, tetapi kini, cerita rakyat merupakan bagian dari legenda yang dimiliki oleh Indonesia saja. Tak perlu khawatir, kerinduan Anda terhadap cerita rakyat pada masa itu akan terbayar dengan ulasan cerita asal Jawa Tengah ini, Timun Mas.

Sinopsis Timun Mas

Masih ingatkah Anda mengenai kisah ini?Iya betul, kisah ini menceritakan tentang sepasang suami-isteri petani yang tinggal disebuah desa. Sayangnya mereka belum juga dikarunian seorang anak. Setiap hari keduanya berdoa agar Yang Maha Kuasa memberikan keturunan padanya.Hingga suatu hari seorang raksasa melewati tempat tinggal mereka dan mendengar doa-doa yang diucapkan oleh pasangan suami-isteri ini. Kemudian sang raksasa pun memberi keduanya biji mentimun dan menyuruh pasangan ini untuk menanam biji tersebut, dan mereka pun akan mendapatkan seorang anak perempuan.

Bukan hanya permberia secara cuma-cuma, sang raksasa pun memberikan syarat pada keduanya, yaitu pada saat usia 17 tahun sang anak harus diserahkan kepadanya. Karena kerinduangan terhadap seorang anak, pasangan suami-isteri ini pun tidak berpikir panjang dan menyetujui syarat yang diberikan oleh raksasa.Tak disangka, muncullah seorang bayi perempuan cantik dari mentimun yang ditanam oleh pasangan ini. Dan bayi itu diberi nama Timun Mas.

Senjata Alami

Cerita rakyat

Layaknya film action, cerita rakyat ini pun menghadirkan senjata-senjata sebagai bentuk pertahanan diri. Namun yang membedakan adalah, senjata yang digunakan dalam cerita ini merupakan bahan-bahan alami. 17 tahun berlalu, sang raksasa pun datang sesuai dengan janjinya. Tak rela sang anak menjadi santapan raksasa, sang ayah pun menyuruh Timun Mas untuk berlari secepat mungkin ke hutan dengan membawa bekal sebuah kantung kain pemberian sang ayah.

Senjata-senjata yang digunakan Timun Mas untuk mempertahankan diri adalah segenggam garam yang menghamparkan lautan luas, segenggam cabai untuk memperangkap raksasa melalui ranting dan duri tajam yang tumbuh, biji-biji mentimun yang menghadirkan kebun mentimun secara luas dan terakhir, segenggam terasi udang untuk menghadirkan sebuah danau lumpur luas yang membuat sang raksasa pada akhirnya tertarik ke dasar lumpur.

Dibaca 750 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>