0

Arsitektur Jakarta Yang Semakin Berkembang

Jakarta-Panorama

Pembangunan infrastruktur ibukota kita yaitu Jakarta memang tergolong cukup cepat dibandingkan dengan kota-kota yang lainnya yang ada di Indonesia. Jika dilihat dari tahun 1985 pembangunan-pembangunan yang dapat jelas kita lihat adalah pembangunan rumah-rumah susun yang mulai banyak dibangun.

Pembangunan rumah susun ini menjadi salah satu konsep Arsitektur Jakarta yang sampai saat ini masih dapat kita temui. Rumah-rumah susun tersebut dapat kita temui di daerah Tebet, Kebon Kacang, Kemayoran Dan Klender. Data ini didapat dari Badan Pusat Dokumentasi Arsitektur atau disingkat dengan BPDA.

Dalam laporanya atau kesimpulan yang dapat dilihat dari data penelitian BPDA untuk tahun 1985 sampai dengan tahun 2000, konsep Arsitektur Jakarta ini sudah menciptakan kawasan atau daerah-daerah yang strategis di perkotaan maupun daerah-daerah pinggirannya.

Arsitektur Jakarta Yang Semakin Berkembang ini menciptakan fungsi dari kawasan atau daerahnya masing-masing. Pusat kota dijadikan sebagai daerah yang memiliki daya dukung tiggi atau dapat kita sebut sebagai kawasan atau wilayah linear. Sedangkan wilayah unggul atau bisa juga disebut dengan prime land terdapat pada daerah pinggirannya.

Pada saat itu, lokasi yang berkembang adalah berpusat di wilayah :

  1. Gatot Subroto, Rasuna Said, Thamrin, Sudirman, S. Parman, MT Haryono, Tomang, dan
  2. Tanah Abang, Lingkar Dalam, Mampang Prapatan, Pejompongan, Manggarai, Kebon Sirih, Menteng Dalam.

Sedangkan untuk wilayah atau daerah pinggirannya adalah di Sentra Primer Barat, Pantai Indah Kapuk, Marunda, Pantai Utara, dan Sentra Primer Timur. Lalu untuk kawasan atau daerah pedalamannya yang bisa disebut juga sebagai wilayah hinterland adalah di area BoTaBek yang turut juga berkembang menjadi daerah yang dinamis karena adanya perluasan-perluasan tersebut.

jakarta_at_night1

Dibaca 495 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>