0

Sejarah YouTube, Video Sharing Website Terbesar di Dunia

Sejarah YouTube, Video Sharing Website Terbesar di Dunia

Siapa sih yang tidak tahu YouTube? Kalau anda butuh hiburan, referensi, atau info terkini bahkan, YouTube punya segalanya yang anda butuhkan. Bagaimana tidak? Website ini menjadi rumah bagi jutaan video dari seluruh dunia dengan berbagai genre dan kategori yang diunggah oleh orang-orang dari berbagai belahan dunia. Selain menonton, user bisa ikut mengkomentari video yang ada di sini dan dengan demikian membuka peluang interaksi antara pengunggah video dengan penonton.Tapi darimana dan sejak kapan website ini bermula?

Gagasan untuk memulai YouTube dimulai oleh tiga orang bernama Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim yang merupakan mantan pegawai PayPal. Hurley dan Chen yang mengalami kesulitan dalam berbagi video yang telah mereka rekam pada tahun 2005. Situs yang merupakan venture-funded technology startup dengan dana senilai 11,5 juta dollar. Project ini didanai oleh Sequoia Capital antara November 2005 hingga April 2006 dengan kantor pertama terletak di atas restoran pizza dan jepang di San Mateo, California dengan video pertama berjudul Me at the Zoo yang diunggah 23 April 2005. Video yang menunjukkan Jawed Karim berada di kebun binatang San Diego ini masih bisa ditonton sampai sekarang.

Baca Juga:Kamu Adalah Blogger? Sudah Tahu Sejarah Blog? Simak di Sini Ya!

YouTube menawarkan beta test publik pada Mei 2005, enam bulan sebelum peluncuran resminya. Situs ini berkembang dengan pesat hingga sebuah survey menyatakan 65.000 video diunggah ke YouTube per hari dan mendapat 100 juta view setiap harinya. Dan sebagian dari video-video ini bukan hanya video indie, namun juga perusahaan-perusahaan broadcast, artis, dan lembaga-lembaga komersial lainnya. Hingga sekarang, YouTube merupakan situs dengan traffic tertinggi di dunia per Juni 2015. Menarik 15 milyar pengunjung tiap bulannya.

Sejarah YouTube, Video Sharing Website Terbesar di Dunia

Luar biasa bukan?

Pada tahun 2006, Google mengumumkan bahwa mereka telah membeli situs raksasa ini dengan nilai 1.65 milyar dollar. Dimulai dari sini, YouTube kemudian menandatangani persetujuan kerjasama dengan NBC, MGM, Lions Gate, dan CBS. Memungkinkan perusahaan-perusahaan ini mengunggah film berdurasi penuh di YouTube. Dan pada tahun 2010, YouTube memulai live streaming service untuk beberapa event.

Hingga sekarang, YouTube punya 1 milyar users dengan 300 jam video diunggah tiap harinya.

Dibaca 387 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>