0

Sejarah Tangga Lagu Dunia – Bermula dari Billboard

Tangga Lagu

Tangga lagu merupakan susunan lagu atau musik diranking berdasarkan perkempangan popularitas lagu dan album tertentu dalam jangka waktu tertentu. Misalnya saja, tangga lagu di Amerika Serikat yang sangat terkenal, yang bernama Billboard Hot 100, pernah mencoba mengurutkan 100 lagu berdasarkan kepopulerannya yanpa memandang aliran music atau genre dari music tersebut. Billboard Hot 100 ini, awalnya bermula dari majalah Billboard yang setiap minggunya menyusun tangga lagu dan album terpopuler. Setelah sukses mendaftar 100 lagu, Billboard muncul kembali dan mendaftar 200 lagu terlaris dalam album Billboard 200. 

Tangga Lagu – Sejarah Billboard/ Tangga Lagu di Amerika

Awalnya tangga lagu di Amerika ini bermula dari terbitan berkala dari sebuah industri periklanan bernama Billboard Advertising. Penerbit majalah yang pertama merupakan pria dari Cincinnati, Ohio James H. Hennegan dan William H. Donaldson. Majalah pertama mereka ini diterbitkan di tahun 1894, tepatnya di tanggal 1 November.

Pada awalnya, majalah ini berisi artikel tentang perkembangan pekan raya, karnaval, taman bermain, sirkus, dan banyak industri hiburan lainnya. Kemudian, ketika menyentuh industri musik dan juga industri Juke box berkembang pesat di tahun 1930-an maka, artikel demi artikel berkaitan dengan music berkembang pesat. Sehingga akhirnya majalah ini khusus membahas mengenai industri musik. Sedangkan artikel mengenai taman bermain dan sirkus mulai diterbitkan terpisah di majalah lain.

Adapun tangga lagu pertama kali diciptakan dan muncul  di majalah billboard pada tahun 1936, tepatnya ditanggal 4 Januari. Tangga lagu ini pada awalnya didaftar atau disusun berdasarkan intensitas lagu tersebut diputar diperangkan Juke. Kemudian majalah Billboard juga mengumpulkan, mengolah dan menghitung sendiri data statistik yang diukur dari intensitas diputarnya di Juke Box. Hasil statistik pertama tangga lagu diterbitkan pertama kali di bulan Juli 1940 yang mana merupakan edisi 27.Sedangkan Billboard Hot 100 mulai dirilis di tahun 1958, tepatnya tanggal 4 Agustus.

Itu lah ulasan singkat sejarah munculnya tangga lagu, khususnya di Amerika Serikat, lewat majalah Billboard.

Dibaca 709 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page
Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>