0

Sejarah Olahraga: Asal Mula Sepak Bola

Sejarah olahraga yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi para penggemarnya. Ya, olahraga sepak bola memang sangat populer, terlebih di abad ke 21 ini, sehingga bisa jadi sejarah olahraga sepak bola juga sudah banyak diketahui oleh para penggemarnya.

Sejarah Olahraga – Asal Mula Munculnya Olahraga Sepak Bola

Tahukah Anda bahwa ternyata sepak bola yang sering kali dianggap sebagai olahraga yang populer dan besar di beberapa garis. Negara – Negara Eropa ini sebenarnya muncul dari Negara Cina. Di Cina sendiri, sepak bola sudah muncul sejak abad kedua dan ketiga, yakni tepatnya di masa Dinasti Han. Bola yang digunakan pada saat itu merupakan bola berbahan kulit yang perlu ditendang ke sebuah jarring kecil. Di Jepang, permainan sepak bola ini kemudian muncul dan disebut dengan nama Keman. Lalu pada abad ke 16 sepak bola mulai muncil di Negara Eropa yakni tepatnya di Negara Italia. Di jaman dulu, menggiring bola ke gawang atau jarring tersebut tidak hanya bisa dilakukan oleh kaki namun juga dengan tangan sehingga mirip dengan olahraga rugby.

Sejarah Olahraga

Sejarah Olahraga

Sedangkan untuk olahraga sepak bola yang modern sendiri memang dikembangkan di Negara Inggris karena banyak masyarakatnya yang sangat menggemari permainian ini. Namun, pada tahun 1365, permainan sepak bola ini sempat dilarang diadakan di Inggris oleh Raja Edward III dikarenakan banyak munculnya kekerasan dalam pertandingan. Permainan sepak bola di Inggris kemudian kembali menggeliat di kalangan universitas dan sekolah pada tahun 1815 setelah kemunculan perkembangan besar para sekolah. Kemudian pada tahun 1863, sebanyak 11 sekolah dan klub berkumpul di Freemasons Tavern dan menyusun aturan permainan untuk diajukan sebagai aturan baku. Misalnya saja enam tahun setelah perumusan aturan tersebut muncul aturan bahwa menggunaan tangan dalam pertandingan dilarang. Setelah berkembang pesat, sepak bola modern kemudian dijadikan sebuah kompetisi yang melibatkan berbagai Negara di dunia setelah munculnya asosiasi sepak bola dunia yang tertinggi yakni FIFA pada tahun 1904.

Demikian sejarah olahraga sepak bola yang dapat kami sampaikan.

Dibaca 940 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>