0

Sejarah Musik Pop

Sejarah Musik Pop

Musik pop merupakan salah satu jenis musik yang banyak digandrungi oleh penikmat musik di seluruh dunia. Tidak hanya di Indonesia yang sejak lama dipenuhi oleh band atau penyanyi bergenre musik pop, tetapi musisi luar negeri yang seringnya terlihat sangar juga banyak yang membawakan lagu beraliran musik pop. Meskipun terlihat seperti nama dari Indonesia, namun pada kenyataannya, musik pop tidak lahir dari Indonesia. Sehingga bisa disimpulkan bahwa musik pop merupakan aliran musik yang lahir di negara lain. Bagaimanakah sejarahnya dan di manakah asal aliran music tersebut? Mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Sejarah Musik Pop, Aliran Musik Paling disukai

Nama musik pop tercipta dari istilah jenis lagu yang mulai popular di kala itu. Karena menjadi aliran musik yang sangat popular di kalangan penikmat musik di negara barat, maka aliran musik tersebut dinamai dengan aliran “musik popular”. Dari nama musik populer tersebut akhirnya disingkat menjadi musik pop. Sedangkan sejarah terciptanya aliran musik pop itu dimulai pada abad ke-19 tepatnya di tahun 1950-an. Embrio aliran musik pop tercipta dari aliran music rock and roll yang mana menjadi musik paling digandrungi di kala itu.

Setelah aliran musik bertama keras seperti rock mulai mengalami penurunan, beberapa musisi mencoba menciptakan lagu yang lebih slow dan dengan harapan disukai oleh semua kalangan. Ternyata ide tersebut mendapatkan sambutan yang cukup baik dari penikmat musik di Amerika Serikat. Setelah aliran rock and roll sebagai akar dari musik pop mulai ditinggalkan, akhirnya keluarlah genre musik baru di tahun 1950-an. Di tahun itulah aliran musik pop rock mulai dikenalkan. Dan sejak itu aliran musik pop menjadi salah satu industri musik yang sangat menguntungkan di Amerika Serikat. Perbedaan dasar antara rock and roll dengan pop rock adalah alunan nadanya yang sedikit lebih lembut, sehingga enak didengar. 10 tahun kemudian, aliran pop rock mengalami beberapa perubahan. Perubahan paling mendasarnya terletak pada alunan musiknya yang terdengar makin lembut. Beberapa musisi yang berkecimpung mengawali kehadiran musik pop di kancah dunia musik seperti The Walker Brothers, The Foru Seasons, The Beach Boy dan beberapa band lainnya. Semenjak itulah aliran musik pop mulai terkenal dan menyebar ke seantero dunia sampai sekarang.

Dibaca 704 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>