0

Sejarah Musik Dunia

Sejarah Musik

Musik merupakan salah satu bentuk seni yang disukai oleh banyak orang di dunia. Bahkan sekarang industri musik merupakan lahan untuk meraup keuntungan besar dari hobi bermusik yang menyenangkan. Industri musik menjadi lahan tepat untuk menyalurkan bakat bermain alat musik ataupun menyanyi. Salah satu pekerjaan yang menyenangkan karena menyalurkan hobi tapi menghasilkan uang yaitu musik. Ditilik dari besarnya dunia musik sekarang, sebenarnya bagaimana sejarah musik itu tercipta? Pastinya ada sejarahnya bagaimana musik itu muncul dan berkembang hingga sekarang.

Menilik Sejarah Musik Dunia

Sejarah musik rupanya sudah dimulai sejak zaman purbakala. Banyak yang heran mungkin jika sejarah musik dimulai pada zaman itu yang mana alat musik belum tercipta. Pada zaman purbakala, musik dikenal sebagai salah satu media yang digunakan dalam upacara adat. Keberadaan musik dalam upacara adat adalah untuk mengiringi proses upacara adat dari awal hingga akhir. Perubahan musik terjadi pada abad pertengahan. Pada abad pertengahan, kehidupan sudah semakin komplek dan sudah semakin maju. Di situlah musik mulai mengalami perubahan. Jika dulu hanya digunakan sebagai pengiring upacara adat, keberadaan musik sudah beralih ke wahana hiburan untuk masyarakat luas.

Perubahan penggunaan musik untuk sarana hiburan terjadi karena banyaknya pertemuan yang terjadi antar negara yang akhirnya mengilhami bertukarnya budaya. Dari situlah musik mulai berkembang hingga seperti sekerang. Sedangkan nada dasar serta rumus-rumus musik lainnya tercipta pada tahun 1050 masehi oleh Guido d’ Arezzo. Sedangkan alat musik seperti piano mulai terkenal pada zaman renainsance di mana kebudayaan mulai bergejolak kembali dan melahirkan banyak karya seni seperti lagu dan lain sebagainya. Pada saat itu juga mulai diperkenalkan pertunjukan opera yang menggabungkan antara drama dan musik.

Berbicara mengenai aliran musik yang sekarang banyak jenisnya, dalam sejarah musik kemunculan aliran musik terjadi pada tahun 1690. Pada saat itu muncul dua aliran musik yang diberi nama Barok dan Rokoko. Pada tahun 1750 lahirlah aliran musik klasik sampai pada tahun 1820. Semenjak itu musik semakin berkembang hingga memunculkan beberapa aliran musik seperti Rock, pop dan beberapa jenis musik lainnya. Ada banyak tokoh musik yang tercatat dalam sejarah musik dunia. Merekalah yang berjasa menciptakan musik hingga berkembang seperti sekarang.

Dibaca 3001 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page
Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>