0

Sejarah Hari Valentine

Hari valentine sebentar lagi akan tiba, namun tahukah Anda tentang sejarah asal mulanya hari valentine dicetuskan? Tanggal 14 Februari ditetapkan sebagai hari perayaan terhadap dihukum matinya seorang pahlawan kristen, Santo Valentine yaitu pada 14 Februari 270 M. Hari valentine adalah bukti dimana Santo Valentine mati demi mempertahankan keyakinannya. Santo Valentine adalah seorang utusan dari Rhaetia dan dimuliakan di Passau sebagai uskup pertama.

Sejarah valentine dengan beragam versi

Sejarah Hari Valentine

Ada beragam versi yang menyebutkan tentang sejarah hari valentine, namun dari sekian banyak versi sejarah tentang hari valentine ini secara tidak menyimpulkan bahwa hari valentine tidak memiliki latar belakang yang jelas. Perayaan hari valentine telah ada sejak abad ke-4 SM yang diadakan pada tanggal 15 Februari dalam rangka menghormati dewa kesuburan atau Lupercus yang dilambangkan setengah telanjang berbalut pakaian kulit kambing. Acara tersebut berbentuk upacara  yang diselingi penarikan undian untuk mencari pasangan. Lalu para pasangan tersebut menikah satu tahun setelahnya.

Lalu ada versi sejarah hari valentine lainnya tentang seorang pendeta Kristen sekaligus tabib bernama Valentine. Ia hidup di kerajaan yang dipimpin oleh Kaisar Claudius. Sang kaisar memiliki ambisi agar semua pria di kerajaannya ikut dalam pasukan militer bentukannya.

Tapi niatnya tersebut ditolak para pria karena enggan terlibat peperangan apalagi harus meninggalkan keluarga dan kekasih mereka. Hal ini membuat Claudius marah marah dan segera memerintahkan para pejabatnya melakukan sebuah ide gila.

Sang Kaisar memang licik dan berpikir jika para pria tidak menikah maka mereka akan bergabung dengan militer. Claudius pun melarang adanya pernikahan dan para pemuda menganggap keputusannya tidaklah masuk akal. Santo Valentine pun menolak untuk melaksanakannya dan tetap melaksanakan tugas sebagai pendeta dengan menikahkan para pasangan kekasih meskipun dilakukan secara rahasia.

Misi rahasia tersebut akhirnya diketahui kaisar lalu Santo Valentine ditangkap, divonis hukuman penjara dan dihukum mati dengan penggal kepala. Kematian Valentine pada tanggal 14 Februari, kisah tersebut akhirnya menyebar dan meluas ke seluruh dunia.

Dibaca 633 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>