0

Sejarah 10 Masjid Terbesar di Dunia

Masjid merupakan tempat beribadah bagi umat muslim untuk shalat, berdoa bersama, dan kegiatan majelis lainnya. Ada beberapa masjid di dunia yang sangat bersejarah bagi umat Islam seperti Masjid al-Haram yang terdapat ka’bah didalamnya. Seperti apa sejarah 10 masjid terbesar di dunia?

Masjid Al-Haram

Sejarah 10 Masjid Terbesar di Dunia

Masjid al-Haram adalah masjid terbesar di dunia, setiap tahunnya ada jutaan umat muslim dari seluruh dunia yang datang ke masjid ini. Masjid al-Haram menjadi situs tersuci pertama dalam dunia Islam. Didalamnya terdapat Ka’bah yang dikenal dengan rumah Allah SWT sehingga dijadikan sebagai arah kiblat umat muslim menjalankan shalat. Masjid al-Haram memiliki mampu memuat hingga 820.000 jamaah dengan luas 336.800 meter persegi. Masjid al-haram telah dibangun sejak 638 Masehi.

Masjid Al-Nabawi

Sejarah 10 Masjid Terbesar di Dunia

Masjid al-Nabawi menjadi masjid terbesar di dunia terletak di Kota Madinah, Arab Saudi. Dalam sejarah Islam, Masjid Nabawi merupakan situs tersuci kedua Islam setelah Masjid a-Haram di Mekah. Masjid Nabawi dibangun oleh Nabi Muhammad SAW pada tahun 622 Masehi. awalnya masjid ini dibangun oleh Rasulullah di samping rumah beliau sendiri. Masjid al-Nabawi merupakan masjid yang dibangun Nabi Muhammad saat hijrah dari Mekah ke Madinah. Masjid Nabawi menjadi salah satu simbol kebesaran Islam selain Masjid Al-Haram dan Masjid Al-Aqsa.

Masjid Imam Reza

Sejarah 10 Masjid Terbesar di Dunia

Masjid Imam Reza adalah masjid terbesar ketiga di dunia dengan luas 598.657 meter persegi berada di Mahhdad, Iran. Masjid Imam Reza memiliki kapasitas hingga 700.000 jamaah.

Masjid Taj Ul Masajid

Sejarah 10 Masjid Terbesar di Dunia

Masjid Taj Ul Masajid terletak di Bhopal, India. Masjid terbesar keempat di dunia ini selesai dibangun tahun 1901. Pada siang hari masjid ini digunakan sebagai madrasah. Masjid Taj Ul Masajid sanggup menampung hingga 400.000 jamaah.

Masjid Istiqlal

Sejarah 10 Masjid Terbesar di Dunia

Kita sebagai warga Indonesia boleh bangga karena Masjid Istiqlal masuk ke dalam salah satu masjid terbesar di dunia. Masjid Istiqlal diresmikan pada tahun 1978 berada di ibukota negara yakni Kota Jakarta. Istiqlal adalah bahasa arab yang bermakna kemerdekaan. Masjid Istiqlal mampu menampung hingga 120.000 jamaah. Bangunan Masjid Istiqlal dibangun oleh Frederich Silaban, seorang arsitek Kristen asal Sumatera Utara.

Masjid Hassan II

Sejarah 10 Masjid Terbesar di Dunia

Masjid Hassan II berada di Casablanca, Maroko dengan kapasitas 105.000 jamaah. Sejarah masjid dibangun pada 1980 didesain oleh Michel Pinseau dan dibangun oleh Bouygues. Pembangunan masjid ini selesai pada tahun 1993 bertepatan dengan hari ulang tahun Raja Maroko yakni Hassan II.

Masjid Badshahi

Sejarah 10 Masjid Terbesar di Dunia

Masjid Badshahi terletak di Lahore, Pakistan yang selesai dibangun pada 1673. Masjid Bashahi mberkapasitas 100.000 jamaah. Masjid terbesar di Pakistan ini dibangun oleh Kaisar Mughal Keenam, Aurangzeb pada tahun 1671 dan selesai pada tahun 1673.

Masjid Jama

Sejarah 10 Masjid Terbesar di Dunia

Masjid Jama dibangun pada 1656 dengan kapasitas hingga 85.000 jamaah. Didirikan oleh Kaisar Mogul, Syah Jehan yang juga membangun Taj Mahal.

Masjid Faisal

Sejarah 10 Masjid Terbesar di Dunia

Masjid kedua terbesar di Pakistan ini memiliki kapasitas 74.000 jamaah dengan luas 5.000 meter persegi. Kubah Masjid Faisal berbentuk kulit kerang sebanyak 8 buah. Masjid Faisal dirancang oleh Vedat  Dalokay.

Masjid Sheikh Zayed

Sejarah 10 Masjid Terbesar di Dunia

Masjid Sheikh Zayed terdapat di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab dengan luas 22.000 meter persegi berakapasitas 40.000 orang. Masjid Sheikh Zayed diprakarsai oleh almarhum Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan.

Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita tentang sejarah Islam di dunia.

Dibaca 806 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>