0

Perkembangan Ilmu Kedokteran dan Pengobatan

Salah satu hal yang paling penting dari segi pengaruh dan manfaat yang ada di dunia adalah ilmu kedokteran dan pengobatan. Ilmu kedokteran menghasilkan berbagai jenis ramuan obat-obatan yang bermanfaat bagi kesehatan manusia, yang selalu berhubungan dengan kondisi tubuh/fisik.

Perkembangan ilmu kedokteran sangat erat kaitannya dengan dimensi spiritual/gaib di masa lampau. Orang-orang percaya bahwa roh-roh mereka yang telah meninggal dapat membantu kesembuhan manusia yang sedang berjuang melawan penyakit. Selain itu kepercayaan manusia akan eksistensi para dewa juga membawa kepercayaan akan pengobatan yang dipercaya dapat menyembuhkan beragam penyakit.

Dari dasar tersebut, percaya atau tidak percaya manusia mulai mengenal ramuan pengobatan terhadap penyakit yang kemudian mewakili dunia sains dalam perkembangannya. Pemikir Yunani awalnya berpikir bahwa penyakit adalah hasil dari kerusakan struktur tubuh yang tak mampu menopang atau tak lagi mampu menjalankan fungsinya dengan maksimal. Akhirnya tubuh seseorang menjadi lemah yang artinya ia sedang terkena penyakit. Untuk itulah orang-orang mulai mempelajari apa yang membuat struktur tubuh yang rusak entah itu sel darah, sel terkecil, organ, hingga bagian tubuh luar dan dalam lainnya dan mencari ramuan untuk mengatasi kerusakan tersebut.

Ilmu yang memang selalu berkembang setiap masanya mempertemukan sains dengan bukti kerusakan fisik pada manusia. Secara perlahan manusia mulai mendapatkan solusi untuk mengatasi penyakitnya. Setiap masa dan setiap peradaban ada banyak sekali sistem pengobatan yang sangat beragam.

Perkembangan Ilmu Kedokteran dan Pengobatan

Dunia sains atau ilmu kedokteran kemudian memanfaatkan hasil temuan di setiap peradaban pada setiap masa untuk mencari bukti sains bahwa pengobatan yang digunakan memang mampu mengobati penyakit tertentu. Ilmu kedokteran juga mengkombinasikan sistem pengobatan tersebut untuk menghasilkan ramuan yang lebih valid, yang kemudian membawa dunia medis ke arah yang semakin modern.

Tak bisa disangkal pula bahwa kepercayaan kuno atau kepercayaan tradisi juga berpengaruh dalam dunia medis, meski dua dunia tersebut sangat bertentangan dari segi logika. Di masa kini ilmu kedokteran berkembang pesat karena dukungan teknologi tinggi dan temuan sains lain yang memang bermanfaat langsung pada ramuan kimia di dunia medis.

Pada masa kini juga ilmu kedokteran sudah memasuki masa modern dengan banyak sekali temuan bermanfaat, tanpa harus meninggalkan ilmu kedokteran versi tradisi/kepercayaan dari budaya yang dianut.

Dibaca 815 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>