0

Menilik Sejarah Jamu yang Ada di Dunia

Jamu tradisional memiliki banyak manfaat seperti membantu menyembuhkan suatu penyakit atau sekedar menjaga tubuh tetap segar. Apalagi buat wanita, jamu terkenal ampuh untuk menjaga kecantikan.

Sejak kapan jamu mulai digunakan di dunia?

Menilik Sejarah Jamu yang Ada di Dunia

Ternyata tumbuhan telah sejak lama digunakan sebagai obat-obatan oleh masyarakat Cina dan Mesir Kuni telah mencatat bahwa tumbuhan ini dijadikan obat sejak awal 3 ribu tahun sebelum masehi. Masyarakat Afrika dan Amerika memanfaatkan jamu sebagai ritual penyembuhan. Sistem pengobatan yang paling maju ada di Ayureda dan pengobatan Cina. Peneliti menemukan bahwa sebenarnya ada di belahan manapun karena menggunakan tumbuhan alami sebagai bahan dasarnya.

Pada awal abad ke-19 ketika analisis kimia pertma kali hadir, para ilmuwan pada periode ini mulai mengekstrak dan memodifikasi bahan aktif dari tumbuhan. Para ahli kimia kemudian membuat versi sendiri dari bahan-baha tumbuhan yang rumit dan penggunaan jamu pun menurun karena tergantikan oleh obat.

WHO mengemukakan, sekitar 80% orang di dunia masih menggunakan jamu untuk menjaga kesehatan mereka. Di negara maju seperti Jerman pun, sekitar 600-700 tanaman obat masih tersedia dan digunakan oleh 70% dokter. Sedangkan di AS, selama 20 tahun terakhir ini ketidakpuasan umum dengan harga obat-obatan ditambah dengan ketertarikan masyarakatnya untuk kembali ke alam telah membuat jamu kembali menjadi solusi.

baca juga: Masyarakat cina dalam sejarah olahraga sepakbola

Dibaca 657 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>