0

Catatan Sejarah Sepakbola Dunia

Catatan Sejarah Sepakbola Dunia

Sepakbola dan sejarah

Sepak bola merupakan olah raga yang terkenal di dunia. Keterkenalannya tentu membawa setiap penggemar untuk mempelajari sejarahnya. Berbagai cerita tentang sejarah sepakbola menuai berbagai pendapat. Tetapi, sejak didirikannya organisasi sepakbola dunia yaitu FIFA, sejarah resminya pun diputuskan. Sepakbola berasal dari daratan China. Pada masa pemerintahan Dinasti Han, abad ke-2 sampai ke-3 SM sepakbola dikenal dengan nama ‘Tsu-Chu’. Tsu artinya menerjang bola dengan kaki dan Chu artinya bola dari kulit dan berisi. Dahulu, permainan ini dimainkan saat kaisar berulang tahun. Selanjutnya, sepakbola berkembang hingga ke Eropa.

Mensejarahkan Sepakbola

Dengan sejarahnya itulah kini sepak bola mampu menjadi sejarah juga bagi setiap kehidupan. Saat ini, Sejarah sepakbola dengan berbagai cerita yang hebat mulai diangkat ke dalam sebuah film. Bahkan, di Indonesia sendiri film sejarahsepak bola yang mampu mengubah hidup seseorang, selalu menjadi film yang paling ditunggu dan bertahan lama di bioskop sebagai tontonan favorit keluarga.

sejarah sepakbola
diambil dari: fifa.com

Salah satu film hebat tentang sepakbola yang mampu menyentuh hati dengan pesan yang di kandungnya adalah film berjudul Montevideo God Bless You. Film yang dirilis tahun 2010 ini, mencatatkan sepak bola dalam sejarah negaranya dan sejarah sepakbola dalam mimpi setiap anak di negaranya. Film ini diangkat dari sebuah novel dengan judul yang sama. Penulisnya bernama Vladimar Stankovic yang merupakan seorang jurnalis terkenal di bidang olahraga.

Dalam film ini diceritakan bagaimana perjuangan Yugoslavia dalam pertandingan Piala Dunia pada tahun 1930. Cerita dalam film ini memberikan pesan-pesan nasionalisme yang dapat menjadikan motivasi tuntuk para pemuda Serbia yang ingin mewujudkan mimpinya menjadi seorang pemain sepak bola. Bagaimana keyakinan akan mimpi-mimpi besar yang berasal dari lingkungan miskin hingga akhirnya dapat terwujud. Beratnya memutuskan dan mengambil sikap atas suatu pilihan ketika akhirnya harus melepas mimpi. Bagaimana sebuah rasa benci mampu terkikis dan berubah menjadi hubungan persahabatan. Pengorbanan seorang sahabat yang mampu membangkitkan semangat. Tetapi, pada akhirnya ketika isu politik masuk kedalam olah raga ini. Konflik tidak akan pernah bisa dihindari.

Dibaca 472 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>