0

Aksi Protes Paling Ekstrim dalam Sejarah

Dalam kehidupan bernegara pasti ada pro dan kontra antara kubu yang memiliki pandangan yang bertentangan seperti pemerintahan dengan rakyatnya. Polemik serta perdebatan menjadi dinamika sosial maupun politik setiap negara. ngomong-ngomong soal perdebatan antara rakyat dan pemerintah biasanya akan selalu diwarnai aksi protes untuk melawan kebijakan yang bertentangan dengan kepentingan mereka. Ternyata ada lho aksi protes yang ekstrim banget!

Ini dia aksi protes paling ekstrim dalam sejarah

Aksi bakar diri di Tibet

Rakyat Tibet pernah melakukan aksi protes ekstrim dalam sejarah yaitu melakukan protes dengan membakar diri mereka saat China diklaim telah melakukan penindasan terhadap rakyat Tibet, akibatnya banyak rakyat yang menderita luka bakar yang parah. menurut masyarakat Tibet ini adalah satu-satunya cara agar protes mereka bisa didengar.

Aksi jahit mulut di Australia

Hal ini disebabkan karena para pengungsi Australia yang diperlakukan seperti penjahat akibatnya protes pun dilakukan mulai dari bunuh diri hingga mogok makan. Tapi protes yang populer di Australia adalah aksi jahit mulut. Tahun 2002 sebanyak 58 pengungsi melakukan jahit mulut. Tahun 2010 hal serupa terjadi di Pulau Christmas melibatkan 10 orang yang banyak menarik perhatian.

Aksi berendam dalam air di India

Sekelompok warga India marah kepada pemerintah yang membuka bendungan menyebabkan bendungan desa mereka banjir. Rumah dan tanah pun banyak yang rusak. Rasa ketidak adilan sebagian warga India ini membuat warga melakukan aksi protes dengan berendam di air bendungan tersebut selama seminggu. Mereka merendam diri sebatas dada orang dewasa sambil beridir.

Aksi pengumpulan darah di Thailand

Darah merupakan simbol kekuasaan, inilah yang lakukan pengunjuk rasa Thailand beberapa tahun belakangan yang menggunakan darah manusia untuk mendukung aksi protes mereka. Para pengunjuk rasa mengumpulkan sumbangan darah dari masyarakat. Beberapa organisasi seperti Palang Merah setempat merasa keberatan terhadap ide aksi protes ini. namun para pengunjuk rasa menganggap melalui cara inilah yang bisa mendapatkan perhatian dan orang-orang akan menghargai dedikasi mereka.

Aksi mengaitkan tubuh dengan logam

Aksi protes ini dilakukan oleh seorang seniman bernama Alice Newstead yang melukis tubuhnya menyerupai ikan hiu lalu tubuhnya dikaitkan dengan kait ikan logam besar di bahunya. Alice Newstead menggantung dirinya selama 15 menit dengan darah mengucur deras melalui luka-lukanya.

Aksi menabrarakkan diri ke kereta di Jepang

Seorang anak berusia 11 tahun di Jepang yang merasa kecewa karena sekolahnya terancam ditutup dan merasa tidak berdaya agar suaranya didengar lalu anak tersebut melakukan aksi menabrakkan diri ke kereta api yang sedang melintas dengan meninggalkan catatan pesan bertuliskan “Tolong hentikan rencana penutupan sekolah yang ditukar dengan kematian orang yang tidak bersalah”.

Aksi potong kelamin di Mesir

Kisah ini bermula dari seorang lelaki Mesir yang jatuh vinta dengan seorang gadis berasal dari kasta yang lebih rendah dari dirinya. Ia berusaha membujuk keluarga untuk mengijinkannya menikah denga wanita pilihannya namun usahanya ersebut tidaklah berhasil. Rasa amarah atas penolakan orang tua serta rencana untuk menikahkannya dengan wanita lain membuat pria ini memotong kelaminnya sebagai wujud protes. Paramedis tidak dapat menyembukan, rencana pernikahan pun hancur.

Itulah beberapa aksi protes ekstrim bahkan menyeramkan yang terekam oleh sejarah. Bagaimana menurut Anda?

Dibaca 578 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>