0

Sejarah Es Krim, Hidangan Favorit Semua Kalangan

Sunday

Es krim, minuman dingin yang biasa terbuat dari susu ini memang sangat digemari banyak orang. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut menjadi alasan utama orang-orang menyukai es krim. Namun, di balik kelezatannya, es krim menyimpan beberapa cerita sejarah penemuannya yang perlu kita ketahui.

Konon, es krim mulai ditemukan pada zaman kekuasaan Romawi yang dipimpin oleh Kaisar Nero Cladius Casesar (tahun 54 – 86 M). Saat itu, Kaisar sering mengirimkan para prajuritnya untuk mengambil es yang terbuat dari salju di pegunungan. Tidak langsung disantap, Ia biasa menikmati es salju dengan campuran anggur, madu, dan buah-buahan.

Namun, bentuk es krim menggunakan susu ditemukan pertama kali di negara China. Es krim dikenalkan di China oleh Kaisar Tang, pemimpin Dinasti Shang, sekitar tahun 700 M. Sebagai raja yang mempunyai kegemaran terhadap kuliner, Kaisar Tang memerintahkan beberapa juru masak paling handal di China untuk mengambil salju dan mengolahnya dengan susu sapi, tepung, dan kapur barus. Campuran tersebut diaduk hingga rata dan membentuk krim yang kental.

Beberapa waktu setelahnya, penjelajah laut, Marcopolo, membawa resep es krim dari China ke Eropa dan mengenalkannya sebagai makanan atau hidangan khusus untuk kaum bangsawan. Dari Eropa ini lah, baru ditemukan teknik untuk membuat es krim dalam bentuk seperti yang biasa kita nikmati.

Baca Juga: Permen Tongkat; Si Ikon Natal yang Pedas

Setelah menjadi hidangan yang rutin disajikan di meja makan Raja Inggris Charles I dan Raja Henrry II (di Perancis), es krim mulai menyebar ke seluruh dunia dan dikenal sebagai makanan mewah. Sekitar tahun 1660-an, di kota Paris, barulah es krim menjadi hidangan yang dapat dikonsumsi publik dengan campuran susu, tepung, cream, dan telur.

Di Amerika, es krim mulai dikenal masyarakatnya pada abad ke 19. Sedangkan di Indonesia, es krim mulai dikenal saat zaman penjajahan karena dibawa oleh Belanda. Kini, es krim sangat mudah dijumpai dimana saja dan dapat dikonsumsi oleh siapa saja. Jenis-jenis es krim dan varian rasa yang banyak, menjadikan es krim sebagai hidangan yang tidak pernah bosan untuk dinikmati.

Dibaca 5208 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page
Tags:  ,

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>